Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Berwirausaha Melalui Variabel Efikasi Diri Kewirausahaan Sebagai Mediasi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMAN 20 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v19i2.36561Kata Kunci:
entrepreneurial knowledge, digital literacy, entrepreneurial self-efficacyAbstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan literasi digital terhadap perilaku berwirausaha melalui variabel efikasi diri sebagai variabel mediasi pada siswa kelas XI IPS SMAN 20 Surabaya. Subjek penelitian ini sebanyak 106 siswa yang diambil menjadi sampel menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulkan mengguanakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh pengetahuan terhadap perilaku berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap efikasi diri, literasi digital tidak berpengaruh pada perilaku berwirausaha, literasi digital berpengaruh terhadap efikasi diri, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh terhadap perilaku berwirausaha melalui efikasi kewirausahaan, dan pengaruh literasi digital terhadap perilaku berwirausaha melalui efikasi diri melalui mediasi.
Kata Kunci: Pengetahuan kewirausahaan, literasi digital, efikasi diri kewirausahaan, dan perilaku berwirausaha.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Audyna Meyra Yuniar, Waspodo Tjipto Subroto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.