PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA MATA PELAJARAN SPREADSHEET KELAS X DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

Penulis

  • Irmawati Rahayu Universitas Negeri Surabaya
  • Rochmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v19i4.38260

Kata Kunci:

nearpod, interactive learning media, spreadsheet

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis nearpod pada mata pelajaran spreadsheet kelas X di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyse, Design, Development, Implementation dan Evaluation.  Subjek uji coba terbatas penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Surabaya.Hasil penelitian ini menunjukan hasil dari uji ahli materi oleh Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis dan Guru SMK Negeri 4 Surabaya dikatakan sangat layak dengan rata rata persentase sebesar 84%, sedangkan hasil uji bahasa oleh Dosen Fakultas Bahasa dan Seni dikatakan sangat layak dengan persentase sebesar 88%, dan hasil uji media oleh Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dikatakan sangat layak dengan persentase sebesar 93,3%. Adapun respon peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Surabaya terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan rata rata persentase sebesar 97,5% yang masuk dalam kategori sangat memahami.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Rahayu, I., & Rochmawati. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA MATA PELAJARAN SPREADSHEET KELAS X DI SMK NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(4). https://doi.org/10.22437/jpe.v19i4.38260