PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD PADA MATA PELAJARAN SPREADSHEET KELAS X DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpe.v19i4.38260Kata Kunci:
nearpod, interactive learning media, spreadsheetAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis nearpod pada mata pelajaran spreadsheet kelas X di SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analyse, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba terbatas penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Surabaya.Hasil penelitian ini menunjukan hasil dari uji ahli materi oleh Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis dan Guru SMK Negeri 4 Surabaya dikatakan sangat layak dengan rata rata persentase sebesar 84%, sedangkan hasil uji bahasa oleh Dosen Fakultas Bahasa dan Seni dikatakan sangat layak dengan persentase sebesar 88%, dan hasil uji media oleh Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dikatakan sangat layak dengan persentase sebesar 93,3%. Adapun respon peserta didik kelas X SMK Negeri 4 Surabaya terhadap media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan rata rata persentase sebesar 97,5% yang masuk dalam kategori sangat memahami.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irmawati Rahayu, Rochmawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.