APAKAH PERSEPSI GENDER DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN BERPENGARUH TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DIGITAL?

Penulis

  • Dimas Aditya Pratama Universitas Amikom Yogyakarta
  • Putri Ulfa Kamalia Universitas Negri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpe.v19i4.38358

Kata Kunci:

Gender perceptions, entrepreneurial attitudes, Digital entrepreneurial intentions.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi gender dan sikap kewirausahaan terhadap niat berwirausaha digital peserta didik SMAN 20 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, di mana data dikumpulkan untuk menguji hipotesis serta menganalisis hubungan antar variabel secara numerik menggunakan analisis statistik.  Sampel dalam penelitian ini sebanyak 189 peserta didik dari kelas 10 di SMAN 20 Surabaya yang terdiri dari 10 kelas tiap kelas terdapat 19 peserta didik yang di ambil sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi gender berpengaruh secara signifikan terhadap niat berwirausaha digital. Variabel sikap kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap niat berwirausaha digital. Kedua variabel independen tersebut secara simultan berpengaruh terhadap niat berwirausaha digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

Aditya Pratama, D. ., & Ulfa Kamalia, P. . (2024). APAKAH PERSEPSI GENDER DAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN BERPENGARUH TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA DIGITAL?. Jurnal Paradigma Ekonomika, 19(4), 1058–1071. https://doi.org/10.22437/jpe.v19i4.38358