Standarisasi Brand Pakaian dalam Pertemanan (Studi Kasus Mahasiswa Sosiologi Agama Tahun 2019)

Authors

  • Crysna Berliana Lara Duta Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • A Zahid Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.26084

Keywords:

mahasiswa, brand pakaian, standardisasi, konsumerisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaiamana bentuk standarisasi brand pakaian dalam pertemanan mahasiswa Sosiologi Agama tahun 2019. Penelitian ini dilakukan di Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Saat ini perkembangan industri fashion banyak manarik perhatian semua golongan mulai dari usia muda hingga dewasa, salah satunya Mahasiswa Sosiologi Agama tahun 2019. Cara berpakaian mahasiswa saat ini selalu mengikuti gaya modern dengan menggunakan pakaian-pakaian yang berbrand dan trend yang sedang muncul, kegiatan konsumsi tersebut dapat menyababkan pola hidup Konsumerisme. Factor gaya hidup seorang mahasiswa dapat berpengaruh terhadap pola konsumsi, terutama konsumsi pakaian di mana saat ini  konsumsi pakaian yang pada awalnya dilakukan  sebagai kebutuhkan berubah menjadi sebuah keinginan sesaat atau hawa nafsu yang tidak terbatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang diperoleh berdasarkan dari data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa standarisasi brand pakaian muncul dalam kelompok pertemanan disebebakan karena adanya kesamaan selera pakaian, obrolan dan keinginan untuk diakui oleh orang lain. Beberapa mahasiswa membeli pakaian dengan brand tertentu keinginan, kenyamanan dan nilai atau value yang didapatkan ketika menggunakan pakaian dengan brand tersebut.

Abstract

This study aims to see how the standardization of clothing brands forms in the friendship of Sociology of Religion students in 2019. This research was conducted at Sayyid Ali Rahmatullah University, Tulungagung. Currently, the development of the fashion industry has attracted the attention of all groups, from young people to adults, one of them is the Sociology of Religion Students in 2019. The way students dress today always follows modern styles by using branded clothes and emerging trends, these consumption activities can lead to a consumerist lifestyle. Factors in a student's lifestyle can affect consumption patterns, especially consumption of clothing where currently consumption of clothing that was originally done as a necessity turns into a momentary desire or unlimited lust. The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. Sources of data obtained based on primary and secondary data. The results of this study indicate that standardization of clothing brands appears in friendship groups due to similarities in clothing tastes, conversations, and the desire to be recognized by others. Some students buy clothes with certain brands of desire, comfort and value or value that is obtained when wearing clothes with that brand.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Handoyo Denny. (2022). Konsep Masyarakat Konsumeris Menurut Jean Baudrillard Dalam Karya The Consumer Society. Repository Universitas Widya Manadala Surabaya.

Anindita, Cintya, dkk. (2021). Motif Tie Dye Pada Produk Tekstil Menurut Pebisnis Online di Tengah Pandemi. Porceding, 1(1), 41. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSU/article/view/9690/6090

Abdussamad, Zuchri. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Syakir Media Proses. https://osf.io/juwxn

Aprillia, Sandra Nadya Tasha, dkk. (2021). Self-Love and Self-Reward: The Hidden Excuse of Consumptive Behavior On College Students, Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development (IJSED) Vol. 3, No. 2.

Ansharullah. (2019). Pakaian Muslimah Dalam Perspektif Hadis Dan Hukum Islam. Diktum: Jurnal Syariah Dan Hukum, 17(1),69. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/diktum/article/view/664/553

Bakti, Setia Indra. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK, 13(2). https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.15925

Bambang Sukma Wijaya, dkk. (2019). Nilai-Tanda sebagai Jantung Makna Relasi Konsumen dan Merek. Jurnal Ilmu Komunikasi,17(2),186. https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3699

CNN Indonesia. (2022). Viral Cewek Kue, Cewek Mamba, Cewek Bumi, Apa Sih Artinya. diakses tanggal 25 September 2022. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220715071236-277-821821/viral-cewek-kue-cewek-mamba-cewek-bumi-apa-sih-artinya

Cnbc Indonesia. (2022). Viral di TikTok, Ini Arti Cewek Kue, Cewek Mamba & Cewek Bumi. diakses tanggal 25 September 2022. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220713124730-33-355273/viral-di-tiktok-ini-arti-cewek-kue-cewek-mamba-cewek-bumi

Diantari, Ni Kadek Yuni. (2021). Tren New Normal Pada Industri Fast Fashion di Indonesia: Adaptasi Fast Fashion Di Masa Pandemic. Jurnal of Fashion Design, 1(1), 68. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/bhumidevi/article/view/289

Djalal, Taufiq, dkk. (2022). Masyarakat Konsumen dalam Prespektif Teori Kritis Jean Baudrillard. Indonesian Journal of Social and Educational Studies. 3(2), 257. https://www.researchgate.net/publication/367359688_Masyarakat_Konsumen_Baudrillard

Febri Irawan, Dkk, (2021). Fanatisme Budaya Hypebeast Di Kalangan Anak Muda Jakarta. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 4, No. 2.

Fadhilah Naufal Rizki, (2023). Perilaku Konsumtif Oleh Masyarakat Konsumsi Dalam Perspektif Teori Jean Baudrillard (Studi Kasus: Tiktok Shop). Marketgram Journal. Vol. 1. No. 1.

Hasan, Muhammad. dkk, (2021). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Membeli Produk Fashion. Phinisi Integration Review, (4)2, 341. https://ojs.unm.ac.id/pir/article/view/22291/11476

Jamil, Rabia, dkk. (2018). Perilaku Konsumeris Pengunjung Mall Lippo Plaza Kota Kendari. Neo Societal. Vol. 3. No. 2. ISSN: 2503-359X.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi). Diakses pada 16 September 2022. https://kbbi.web.id/merek

Kompas.com. (2022). Ini Tren Fashion yang Diikuti Banyak Orang di sepanjang Tahun 2021, diakses tanggal 25 September 2022.

Mahezra, Dion Dwi, (2021). Produk Branded: symbol dan fungsi studi kasus 8 mahasiswa di Uniersitas Andalas, Scholar Unand.

Monica, Sely. (2022). Analisis Budaya Konsumerisme Dan Gaya Hidup Di Kalangan Remaja Akibat Pengaruh Media Sosial Di Kota Tanjungpinang. Jurnal Indonesia Sosial Sains. 3(8). 1200 https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/676/1306

Mudiawati, Riani dkk. (2019) Penggunaan Outfit Terhadap Rasa Percaya Diri Mahasiswa Pendidikan Semester 7. Bandung: Jurnal Psikologi Islam Al- Qalb. 11(2), 85. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view/1093

Murtopo,Bahrun Ali. (2017). Etika Berpakaian Dalam Islam: Tinjauan Busana Wanita Sesuai Ketentuan Islam. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan. Vol. 1. No. 2. https://doi.org/10.52266/tadjid.v1i2.48

Nisrina, Dzakiyah.dkk. 2020. “Dampak Konsumerisme Budya Korea (KPOP) di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malangâ€. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 21, No. 1.

Nur, Ajijah. (2019). Budaya Konsumerisme Di Komunitas Hijaber Mom Bandung: Studi Analisis Filsafat Sosial (Konsumerisme) Jean Baudrillard. Digital Library: Uin Sunan Gunung Djati.

Octaviani, Rika. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Keabsahan Dataâ€. INA-Rxiv Papers.

Prijiana. (2015). Internet dan Gaya Fahion Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Vol. 3. No. 2.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press: Banjarmasin. ISBN 979-17087-6-2, 71. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah: Ilmu Dakwah, 17(33), 82-94. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374/1691

Shinta Fairus. (2018). Kajian Fast Faahion Dalam Percepatan Bidaya Konsumerisme. Jurnal Rupa, 3(01), 64. https://journals.telkomuniversity.ac.id/rupa/article/view/1329/901

Syalim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Cipustka Media.

Syarafa, Dhimas Abdilah. dkk. (2020). Fashion Sebagai Komunikasi Identitas Sosial Mahasiswa Fisip Universitas Bengkulu. Jurnal Kaganga, 4(2), 3-5. https://ejournal.unib.ac.id/jkaganga/article/view/22366/10198

Ummah, Haristatul Nisa. (2022). Pergeseran Busana One Set Dari Piyama Menjadi Busana Sehari-hari. Jurnal ATRAT, 10(2), 141-142. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/2107

Wardana, IG Rinda Yuda, (2017). Representasi Budaya Populer Dalam Mengonsumsi Produk Fashion Bermerk (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa di Kota Surakarta). Jurnal Sosiologi Dilema, 32(2), 44. https://jurnal.uns.ac.id/dilema/article/view/11456/pdf

Warno, Kusminarko, Dkk. (2021). Determinan Pemilihan Style Busana Terhadap Kepercayaan Diri Wanita Karier Daerah Istimewa Yogyakarta. Kualitatif, 16(1),2. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44689/16695

Wahyunto.(2004). Masyarakat Konsumsi Jean P. Baudrillard Pengantar George Ritzer, Kreasi Wacana: Bantul.

Wijaya, Chelia Zagita dan Asthararianty. (2022). Kajian Konsep Desain Busana Muslim Streetwear Sebagai Sarana Generasi Muda Melestarikan Budaya Indonesia. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra. 1(2). https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12248/10737

Zuhdi , Kalya Nabila. (2021). Praktik masyarakat konsumsi online dalam perspektif Baudrillard. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, Vol,1. No.6.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Duta, C. B. L., & Zahid, A. (2023). Standarisasi Brand Pakaian dalam Pertemanan (Studi Kasus Mahasiswa Sosiologi Agama Tahun 2019). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(1), 181-202. https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.26084

Issue

Section

Articles