Implikatur Percakapan Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Pragmatic H. Paul Grice

Authors

  • Renilda Pratiwi Yolandini Universitas Jambi
  • Gani Patindra Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v8i2.38600

Keywords:

implikatur, percakapan, interaksi, grice

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikatur percakapan antara guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas, menggunakan teori implikatur percakapan H. Paul Grice. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis implikatur yang muncul, pelanggaran maksim yang terjadi, serta faktor-faktor yang memengaruhi keberadaan implikatur dalam percakapan tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data diambil melalui observasi langsung dan rekaman percakapan di kelas, yang kemudian dianalisis berdasarkan empat maksim Grice, yaitu maksim kualitas, kuantitas, relevansi, dan cara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggaran maksim sering terjadi dalam percakapan pembelajaran, baik oleh guru maupun siswa, yang dipengaruhi oleh faktor bahasa, keakraban, kepekaan, budaya, serta kepedulian dan kasih sayang. Pelanggaran maksim ini, meskipun terlihat mengganggu kelancaran komunikasi, sering kali berfungsi untuk memperkuat hubungan sosial atau menciptakan suasana pembelajaran yang lebih dinamis. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi komunikasi yang lebih efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga dapat meningkatkan interaksi yang lebih produktif di ruang kelas.

Abstract

This study aims to analyze the implicature of conversation between teachers and students in Indonesian language learning interaction in the classroom, using H. Paul Grice's theory of conversational implicature. The focus of this research is to identify the types of implicatures that appear, the maxims violations that occur, and the factors that influence the existence of implicatures in the conversation. The approach used is qualitative with descriptive method. The data were collected through direct observation and recording of classroom conversations, which were then analyzed based on Grice's four maxims, namely the maxims of quality, quantity, relevance, and manner. The results show that maxim violations often occur in learning conversations, both by teachers and students, which are influenced by factors of language, familiarity, sensitivity, culture, as well as care and affection. These maxim violations, although they seem to disrupt the smoothness of communication, often serve to strengthen social relations or create a more dynamic learning atmosphere. This study contributes to the development of more effective communication strategies in Indonesian language learning, so as to improve more productive interactions in the classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arinda, S., Hardiasari, P., Sagita, Y., Fadhila, N., Githa, T., Purwo, A., Utomo, Y., Neina, Q. A., Kesuma, R. G., Indonesia, S., Semarang, U. N., Bahasa, P., Semarang, U. N., Bahasa, P., Semarang, U. N., Konseling, B., & Semarang, U. N. (2024). Implikatur Percakapan dalam Film “ Hati Suhita ” Adaptasi Novel Karya Khilma Anis. 2(5).

Creswell, J. W. (2013). Penghargaan. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed.

Erawan, D. G. B. (2021). Implikatur Percakapan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Program Studi Akuntansi Semester I Feb Unmas Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 11(1), 56–71. https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1807

Gani, R. H. A., Ernawati, T., & Wijaya, H. (2024). Pelanggaran Maksim Dan Implikatur Dalam Percakapan Gojek Online Dengan Pelanggan Melalui Whatsapp (Kajian Pragmatik). ALINEA: Jurnal Bahasa …, 4(2), 244–258. http://www.ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea/article/view/951%0Ahttps://www.ejournal.baleliterasi.org/index.php/alinea/article/download/951/553

Grice, H. paul. (1967). (When These Are Given a Standard Two-Valued Interpretation)-and, on the Other, What Are Taken To Be Their Analogs or Counterparts in Natural Language - Such Expressions As. H. P Grice 1975, 3(x).

Izar, J., Afria, R., Kamiyatein. (2020). Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Ekspresif dalam Film Dokumenter The Mahuzes Karya Watchdoc Image. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.33477/lingue.v2i1.1382

Izar, J., Nasution, M. M., Afria, R., Harianto, N., & Sholiha, M. (2021). Expressive Speech Act in Comic Bintang Emon’s Speech in Social Media about Social Distancing. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 5(1), 148-158. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/13100

izar, julisah, Afria, R., & Sanjaya, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(1), 55 - 72. https://doi.org/10.22437/titian.v3i1.7026

Johari. (2017). Implikatur Percakapan Guru Terhadap Siswa Di Smk Negeri 4 Gowa Kabupaten Gowa. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kuntarto, E. (2019). Telaah Linguistik untuk Guru Bahasa. Modul Universitas Jambi, 1–40. https://repository.unja.ac.id/5908/1/BUKU TELAAH LINGUISTIK.pdf

Levinson, S. C. (2017). Pragmatica. The Fragmentary Latin Poets. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00076667

Marpaung, D. (2021). Jurnal Tuah. Jurnal Tuah, 3(1), 15–23.

Mey, J. L. (2018). CL and pragmatics – an introduction. In Corpus Linguistics for Pragmatics (pp. 1–15). https://doi.org/10.4324/9780429451072-1

Nasution, M. M., Afria, R., & Izar, J. (2022). The Kinds of Illocutionary Act by Yusuf Hamka in Youtube Channel Deddy Corbuzier Podcast. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 375-380. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.22539

Nasution, M. M., Afria, R., & Izar, J., Putri, E. Y. (2023). Prinsip Kerjasama pada Keterangan Saksi Susi Asisten Rumah Tangga Ferdy Sambo pada Sidang Lanjutan Bharada Eliezer Ditinjau dengan Kajian Pragmatik. Jurnal Sastra Indonesia, 12(1), 31-39. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i1.65038

Ni’mah, J. L., & Antono, M. N. (2024). Implikatur Percakapan Anak Broken Home Kepada Orang Tua di Desa Sumber Wetan Kota Probolinggo. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 229. https://doi.org/10.29300/disastra.v6i2.3821

Novalita, L. (2018). Implikatur Percakapan dalam Seni Pertunjukan Soto Madhureh Linanda Dharayuan Novalita. Volume 01, 1–5.

Nurita Hasmalani, Akhyaruddin, & Agus Setyonegoro. (2023). Implikatur Percakapan Guru dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.1899

Putri, E., Suaedi, H., & Mijianti, Y. (2023). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 12 No. 2 Juli 2023 http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm. 12(2), 261–270.

Putri, A. K., Oktavianus, O., & Marnita, R. (2019). A Pragmatic Study of Family-Theme Swearing Used in Compliments on Twitter. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(2), 110-115.

Putri, A. K., Oktavianus, O., & Marnita, R. (2019). Sexual Activity-Theme Profanities in Compliment Speech Acts on Twitter (Makian Bertemakan Aktivitas Seksual dalam Tindak Tutur Memuji di Twitter). Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 138-153.

Putri, A. K., Triandana, A., Fitriah, S., Putra, Y. M., & Sirait, J. V. (2024). Racial Swearing in Compliments on X: A Pragmatic Perspective. Puitika, 20(1), 66-75.

Suryani, I., Izar, J., & Afria, R. (2023). Examining The Politeness Principles in The Oral Tradition of Jawab Dilaman Malay Society in Kemingking Village, Jambi Province. Mudra Jurnal Seni Budaya, 38(2), 141–152. https://doi.org/10.31091/mudra.v38i2.2273

Triandana, A., & Afria, R. (2023). Pelanggaran Maksim Kerjasama dalam Stand-Up Comedy Chris Rock. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(1), 91-104. https://doi.org/10.22437/titian.v7i1.25436

Wahyuni, H., & Setiyawan, A. (2024). Implikatur Percakapan Bahasa Arab antar Tokoh dalam Film Arab Maklum: Kajian Pragmatis. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(2), 221–233. https://doi.org/10.52593/klm.05.2.07

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Yolandini, R. P. ., Patindra, G. ., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2024). Implikatur Percakapan Guru dan Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kajian Pragmatic H. Paul Grice. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 8(2), 365-379. https://doi.org/10.22437/titian.v8i2.38600