This is an outdated version published on 2018-12-15. Read the most recent version.

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII

Keywords:

LKS, Multiple Intelligences

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences pada materi suhu dan perubahannya, dan mengetahui respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan langkah-langkahnya sebagai berikut : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Kota Jambi. Instrumen penelitian ini adalah angket validasi tim ahli dan angket persepsi siswa. Teknis analisis data untuk  angket validasi tim ahli dan angket persepsi siswa dilakukan dengan  statistik deskriptif (mean ideal, standar deviasi ideal dan skor aktual). Sedangkan analisis data untuk saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan verifikasi). Hasil penelitian ini adalah LKS IPA Berbasis Multiple Intelligences. Spesifikasi LKS ini terdiri dari empat kegiatan pembelajaran yaitu suhu dan alat ukurnya, pemuaian, kalor dan perubahan suhu benda, serta perubahan dan perpindahan kalor. Setiap kegiatan pembelajaran terdiri dari tujuan pembelajaran, kilas balik, express laboratorry, materi, kegiatan atur strategi, mini lab, tugas mandiri, asah kecerdasan, info, dan kegiatan menyimpulkan. Hasil validasi ahli menyatakan produk yang dikembangkan valid dan layak diujicobakan. Hasil ujicob  respon siswa terhadap LKS yaitu 83% yang dapat dikategorikan “sangat baikâ€.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryani, A. D., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2014). Model pembelajaran berdasarkan teori multiple intelligences yang dominan dalam kelas pada materi tekanan. EDUSAINS, 02 (VI), 130-136.
Baharuddin & Wahyuni, E. N. (2015). Teori belajar & pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Branch. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Penyusunan Perangkat Penilaian Afektif Di SMA. https://www.academia.edu /6530493/30._Juknis_Penilaian_Afektif_ ISI-Revisi_0104. Diakses pada 29 Oktober 2017
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta : Diva Press.
Relvan, E. (2004). Pendekatan multi kecerdasan menurut Gardner dan implikasinya bagi pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1 (2). 155-170.

Sudaryono., Margono, G., Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surna, I. N. dan Pandeirot, O. D. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: ERLANGGA.

Suyono & Haryanto. (2015). Implementasi belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Posdakarya

Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: ANDI.

Wijayanti, F. (2014). Pengembangan LKS IPA berbasis Multiple Intelligences pada tema energi dan kesehatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Skripsi diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Published

2018-12-15

Versions

How to Cite

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII. (2018). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 81-90. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4121

Most read articles by the same author(s)