ANALISIS LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Penulis

  • Rosinta Dehong Pendidikan Fisika Universitas Flores
  • Melkyanus Bili Umbu Kaleka Pendidikan Fisika Universitas Flores
  • Ana Silfiani Rahmawati Pendidikan Fisika Universitas Flores

Kata Kunci:

Model discovery learning, sintaks, penerapan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkahpenerapan model discovery learning dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas X SMKN 2 Ende yang berjumlah 33 orang peserta didik. Obyek dalam penelitian ini adalah penerapan model discovery learning. Intrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model discovery learning dalam pembelajaran fisika peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Ende sudah sesuai dengan sintaksnya. Sintaks model discovery learning terdiri dari stimulasi, permasalahan, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, generalisasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dahar, R. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Harso, A., Karolus, K. K., & Yasinta, E. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kreativitas SAINS Siswa Kelas VIII SMP Swasta Ilebura Lewotobi. Jurnal Pendidikan Fisika,4(1), 38-45

Ibrahim, A., Asrul, H. A., Madi., & Muhammad, A. A. (2018). Metodologi Penelitian. Cetakan 1. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Kadri, M., & Meika, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan,1 (1), 29-33.

Maharani, F. (2014). Pengaruh Promosi Dan Minat Baca Terhadap Kunjungan Pemustaka Ke Perpustakaan SD SALMAN AL FARISI Bandung. Tesis, dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mawardi., & Mariati. (2016). Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Solving Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SD Di Gugus Diponegoro-Tengaran. Scolaria,6 (1), 127-142.

Mubarok, C., & Edy, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro,3 (1), 215–221.

Nurdyansyah., & Eni, F. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Cetakan Pertama. Surabaya: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Oktarinah., Ketang, W., & Zulherman. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Proyek Materi Alat-Alat Optik Untuk Kelas X SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika,1-7

Ratumanam. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Sari, E. R., Marungkil, P., & Sahrul, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMP Negeri 2 Pamona Timur. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika,119-126

Suprayanti, I., Syahrial., & Satutik, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Jonggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pandidikan Fisika Dan Teknologi,2 (1), 20-35

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-15

Cara Mengutip

Dehong, R., Kaleka, M. B. U., & Rahmawati, A. S. (2020). ANALISIS LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA . EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 131–139. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/10533