EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA SMP
Kata Kunci:
Efektivitas, pemanasan global,video animasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media video animasi pada materi pemanasan global terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Lumajang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lumajang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi untuk pengamatan aktivitas siswa, angket untuk respon siswa dan pretest-posttest untuk peningkatan hasil belajar. Teknik analisa data menggunakan persentase untuk analisis aktivitas dan respon, sedangkan untuk peningkatan hasil belajar menggunakan uji n-gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa diperoleh rata-rata 70,834% dengan ketegori cukup, respon siswa diperoleh rata-rata 76,25% dengan kategori baik, peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata nilai n-gain 0,745 dengan klasifikasi tinggi. Maka pembelajaran materi pemanasan global dengan menggunakan media video animasi dikatakan efektif.
Unduhan
Referensi
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 1(1).
Arifuddin, A. (2017). Efektivitas Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(2), 217-226.
Ariyawati, P.A.M., Waluyo. J., Prihatin, J. 2017. Analisis Respon Siswa Terhadap Model Pairs, Investigation Dan Communication (PIC) Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal pembelajaran dan pendidikan sains. Vol 2(1): 9-15.
Budiastra, A. A., Erlina, Nia., Wicaksono, Iwan. 2019. Video-Based Interaction Through Teacher Working Group Forum To Increase Elementary Teachers’ Professionalism. Journal of Baltic Science Education.
Fayakun, M., & Joko, P. 2015. Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49-58.
Hadijah, S. 2018. Analisis Respon Siswa Dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Numeracy Journal, 5(2).
Indrawati, K. A. P., Sudiarta, I. N., & Suardana, I. W. 2017. Efektivitas iklan melalui media sosial facebook dan instagram sebagai salah satu strategi pemasaran di krisna oleh-oleh khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, 17(2), 78-83.
Jannah, I.S., Chamisijatin., Husamah. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal biotek volume
Johari, A. (2014). Penerapan media video dan animasi pada materi memvakum dan mengisi refrigeran terhadap hasil belajar siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).Journal of Mechanical Engineering Education1(1)
Muslina. Abdul Halim. Dan IbnuKhaldun. 2017. Kelayakan Media AnimasiHukum Newton II TentangGerakPadaBidang Miring Dan Katrol Di SMA kabupaten Aceh Besar. Banda Aceh: UniversitasSyiah Kuala. Journal IPA Pembelajaran IPA (JIPI), 1(1): 65.
Nisak, K. 2013. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe connected pada materi pokok sistem ekskresi untuk kelas IX SMP. PENDIDIKAN SAINS, 1(01).
Nurmalasari, A. D., Auliana, R., & Kes, M. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Zat Gizi Sumber Tenaga Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Purworejo. E-Journal Student pend. Teknik Boga-S1, 5(4).
Nurpratiwi, R. T., Sriwanto, S., & Sarjanti, E. 2015. Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geo Edukasi, 4(2).
Purmadi, A., Surjono,H,D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal inovasi teknologi pendidikan. Vol 3(2) : 151-165.
Puspitasari, M.D.M., dan Munawi, H.A. 2018. Perubahan Pola Berpikir Mahasiswa Pada Fenomena Perpindahan Pana Secara Konveksi. Bekala ilmiah pendidikan fisika. Vol 6(2) : 142-156
Putra, E. A. 2016. Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 4(3).
Rizqi, A., Parmin, P., & Nurhayati, S. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1).
Sonda, R., Alimuddin., Asdar. 2016. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistic (PMR) Setting Kooperatif Tipe Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Simbaung. Jurnal daya matematis. Vol 4(1) : 1-12.
Sudjana,Nana.2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuddin, W., & Nurcahaya, N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 72-105
Wicaksono, I., Wasis, dan Madzalim. 2017. The Effectiveness of Virtual Science Teaching Model (VS-TM) To Improve Student’s Scientific Creativity and Concept Mastery on Senior High School Physics Subject. Journal of Baltic Science Education. 16(4): 549-561
Yunita, D., dan Wijayanti, A. 2017. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Jurnal LP3M. Vol 3 (2) : 153-160.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.