PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA IPA SMP KELAS VII

Penulis

  • Ulin Nuha Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember
  • Novilia Mita Sari Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember
  • Anjar Putro Utomo Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember
  • Sri Wahyuni Program Studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12576

Kata Kunci:

Pengembangan, Video Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dengan mengembangkan video pembelajaran untuk materi IPA SMP kelas VII yaitu materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi dengan skor dari masing-masing validator yaitu: (1) 87,5%; (2) 92,5%; dan (3) 97,5%). Hasil keefektifan video berdasarkan data angket siswa menujukkan: (1) sangat setuju sebesar 25,6%; (2) setuju sebesar 59,3%; dan (3) tidak setuju sebesar 15%. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa keterampilan proses siswa setelah menggunakan video pembelajaran berada pada kategori tinggi (28,1%), kategori sedang (59,4%), dan rendah (12,5%). Secara keseluruhan keterampilan proses sains siswa meningkat sebesar 79%.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah video pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan valid, efektif, dan mampu meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Keterampilan Proses Sains

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiprastyo, B., W. Sumarni, dan Saptorini. (2013). Penerapan Modelling Learning dengan Video Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal Chemistry in Education. 2(1), hlm. 27-35.

Aktamis, H., dan Ergin, O. 2008. The Effect of Science Process Skills Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievments. Asia-Pasific on Science Learning and Teaching. Vol. 9, Issue 1, Article 4, p. 1.

Branch, R.M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.

Fitriyanto, I., dan I. Sucahyo. (2016). Penerapan Software Video Analyzer Pada Praktikum Kinematika Gerak. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 5(3), hlm. 92-97.

Karim, A. M., Zainuddin, dan Mastuanh. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 10 Banjarmasin Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 4(1), hlm. 44-51.

Rahmawati, D., S. E. Nugroho, dan N. M. D. Putra. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal. 3(1), hlm. 40-45.

Rahmawaty, D., dan F. Rachmadiarti. (2019). Pengembangan MultimediaInteraktif Flash pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. Pensa e-Jurnal. 7(3), hlm. 317-327.

Rustaman, Y. dan Nuryani. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi (hlm. 14-296). Malang: UN PRESS.

Simatupang, H., M. P. Simanjuntak, L. Sinaga, dan A. Hardinata. (2019). Telaah Kurikulum SMP di Indonesia. Surabaya: CV. Pustaka MediaGuru.

Sujana, A. (2014). Dasar-Dasar IPA : Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

Tantia, L.I., H. Fitrihidayanti, dan T. Nurita. (2016). Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 21 Surabaya Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Jurnal Pendidikan. 1(1), hlm. 1-7.

Taufiq, M., Dewi, N.R., dan Widiyatmoko, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi†Berpendekatan Science-Edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII) 3 (2): 140-145.

Toharudin U., Hendrawati S., dan Rustaman A. 2014 Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Humaniora: Bandung

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, hlm. 110–116

Yahayu, D., K. Ningsih, dan Titin. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video di Kelas VII A SMP. Jurnal Biologi dan Kependidikan Biologi. 1(1), hlm. 1-

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-15

Cara Mengutip

Nuha, U., Sari, N. M., Utomo, A. P., & Wahyuni, S. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA IPA SMP KELAS VII. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 117–122. https://doi.org/10.59052/edufisika.v6i2.12576