ANALISIS KEBUTUHAN PROJECT BOOK BERBASIS PJBL-STEAM PADA MATA KULIAH METODE EKSPERIMEN FISIKA

Penulis

  • Dian Pertiwi Rasmi Universitas Jambi
  • Menza Hendri Universitas Jambi
  • Okta Senira Mamora Nasution Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.22745

Abstrak

Pentingnya ilmu eksperimental baik untuk peneliti maupun mahasiswa menyebabkan mata kuliah metode eksperimen fisika perlu di evaluasi dan dikembangkan salah satunya adalah dengan melakukan analisis permasalahan mendasar dan solusi yang tepat dalam bentuk menemukan kebutuhan bahan ajar yang sesuai untuk dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yakni mahasiswa angkatan 2020. Dan teknik pengambilan data yakni dengan melakukan wawancara secara tidak terstruktur dengan butir pertanyaan yakni pertanyaan terbuka. Analisis data dilakukan secara deskriptif sehingga data akan di susun dalam pola tertentu dan membuat kesimpulan dengan cara naratif. Didapatkan bahwa masalah mendasar dari mata kuliah tersebut adalah tidak adanya pedoman pembelajaran sehingga pembelajaran berlangsung dengan tidak sistematis sehingga diperlukan sebuah bahan ajar yang dapat memadukan antara STEAM dan PjBL. Dengan adanya penelitian ini maka akan dilanjutkan dengan penelitian berikutnya mengenai pengembangan Project Book berbasis STEAM-PJBL yang diharapkan dapa menjawab semua persoalan yang terdapat dalam mata kuliah tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azzahra, S., Istifah, K. N., Kurniawan, D. A., Maison, Wibisono, G., Sari, D. P., & Nasution, O. S. M. (2022). Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Website sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 192–197. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.557 Analisis

Depary, S., & Mukhtar. (2013). Model Pembelajaran Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 93–107.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. UNJ PRESS.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fatimah, F. N. U., & Siswanto, J. (2022). Analisiskemampuan Berfikir Kritis Siswavii Smpmenggunakanmodul Poe Berbasis Esd Pada Materi Listrik Statis. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 102–107. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v7i1.20017

Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi Dengan Pjbl Berbasis Steam. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2574

Hidayat, A. (2021). Menulis Narasi Kreatif Dengan Model Project Based Learning Dan Musik Instrumental Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar. Deepublish.

Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. CV. Pena Persada.

Kristantiniati. (2021). Cara Jitu Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika Dengan Metode Eksperimen Berbatuan Media Perangtuna. Penerbit YLGI.

Kurniawan, W., Pujaningsih, F. B., Alrizal, A., & Latifah, N. A. (2018). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Pengembangan Modul Fisika Gelombang Bola Dan Tabung. EduFisika, 3(01), 17–25. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i01.5805

Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 14–21.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Mahamuni, S., Sidhaye, D., & Kulkarni, S. (2021). Foundation Of Experimental Physics. CRC Press.

Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240

Mustami, M. K. (2017). Validitas pengembangan penuntun praktikum ilustratif mikroteknik hewan berbasis guided inquiry. Jurnal Ilmiah Pena, 11(1), 75–83.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 45–55. https://doi.org/10.1021/ja01626a006

Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Student Critical Thinking trough STEAM-PjBL Learning. Bioeducation Journal, 4(2), 95–103. https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.283

Putri, B. C., Hendri, M., & Rasmi, D. P. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding Untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 43–49.

Ramadhan, F. (2022). Peninjauan Pekerjaan Kantong Lumpur Proyek Bendungan Pada Di Kabupaten Deli Serdang Dengan Metode Earned Value. Jurnal Lmiah Mahasiswa Teknik, 2, 1–12.

Ridwan, A., Rahmawati, Y., Mardiah, A., & Rifai, A. (2020). Developing 22nd century skills through the integration of STEAM into smoke absorber project. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042077

Roflin, E., Liberty, I. A., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. PT Nasya Expanding Management.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT KASINUS.

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85

Stanley, T. (2021). Project- Based Learning for Gifted Students. Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781003237310

Suganda, E., Latifah, S., Irwandani, Sari, P. M., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. M. (2021). STEAM and Environment on students’ creative-thinking skills: A meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012101

Sukardi. (2021). Analisa Minat Membaca Antara E-Book Dengan Buku Cetak Mengunakan Metode Observasi Pada Politeknik Tri Mitra Karya Mandiri. Ikra-Ith Ekonomika, 4(2), 158–163.

Suryanto, A., & Bakhri, S. (2021). Fisika 1. (U. N. Halizah (ed.)). INSAN CENDIKIA MANDIRI. https://osf.io/p6ym3

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka GuruSiswa, Merdeka DosenMahasiswa, Semua Bahagia. Elex Media Komputindo.

Wior, M. H. T., & R.J.M. Mandagi, J. T. (2015). Analisa Kelayakan Investasi Ready Mix Concrete Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Sipil Statik, 3(7), 492–502.

Zayyinah, Z., Erman, E., Supardi, Z. A. I., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022). STEAM-Integrated Project Based Learning Models: Alternative to Improve 21st Century Skills. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021), 627, 251–258.

https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.039

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Rasmi, D. P., Hendri, M., & Nasution, O. S. M. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN PROJECT BOOK BERBASIS PJBL-STEAM PADA MATA KULIAH METODE EKSPERIMEN FISIKA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 129–137. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.22745

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>