PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMAN 11 JAMBI

Penulis

  • Tiara Rozana Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Jufrida Jufrida Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Fibrika Rahmat Basuki Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 11 Kota Jambi menggunakan model pembelajaran POE pada materi kalor dan perpindahannya. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 sebanyak 40 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa tes KPS, lembar observasi KPS, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktifitas siswa. Teknik analisis data tes KPS dianalisis secara statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Pada siklus I persentase KPS dalam kategori sedang yaitu 68.1. Kendala guru adalah kurang maksimal dalam penyampaian prosedur kegiatan yang akan dilakukan. Solusinya guru harus mengkondisikan kelas terlebih dahulu agar lebih maksimal dalam penyampaian prosedur pembelajaran. Pada siklus II diperoleh hasil KPS masih pada kategori sedang namun sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu 77.7. Kendala guru adalah kurang tegas dalam menegur siswa yang kurang aktif. Solusinya guru harus lebih memantau kegiatan siswa setiap kelompok. Pada siklus III terlihat adanya peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 89.1 berada dalam kriteria sangat tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-15 — Diperbaharui pada 2018-12-15

Versi

Cara Mengutip

Rozana, T., Jufrida, J., & Basuki, F. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMAN 11 JAMBI. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 66–80. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/4541

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama