MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI HUKUM NEWTON

Penulis

  • Melva Sipahutar Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Rahma Dani Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Menza Hendri Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 10 Kota Jambi  pada materi Hukum Newton  dengan menggunakan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs 6. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data kualitatif dengan pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi sedangkan pengambilan data kuantitatif yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan tes di setiap akhir siklus. Peningkatan nilai rata-rata persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 35,6%, nilai rata-rata hasil belajar pada aspek pengetahuan 61 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 15 siswa atau 48%, nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II yaitu 67,7 dengan jumlah yang berhasil 21atau 68% dan rata nilai aktivitas siswa adalah 61,6  pada siklus III menjadi hasil rata-rata siswa 84 dan jumlah siswa yang berhasil 26 atau 84% dan yang tidak berhasil cuman 5orang siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Adobe Flash Cs6 dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-15 — Diperbaharui pada 2018-12-15

Versi

Cara Mengutip

Sipahutar, M., Dani, R., & Hendri, M. (2018). MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ADOBE FLASH CS 6 PADA MATERI HUKUM NEWTON. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 59–65. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/5259

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>