DESAIN MEDIA MENGGUNAKAN SOFTWARE PREZI DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Kata Kunci:
media pembelajaran, Prezi, pendekatan scientificAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan software prezi dengan pendekatan scientific materi hukum newton tentang gerak SMA kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang menggunakan prosedur pengembangan 4D (Four-D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Muaro Jambi kelas X MIPA yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi materi dan media serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data hasil persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif. Spesifikasi produk yaitu software berbentuk prezi menggunakan format exe. Keunggulan prezi yaitu mudah dibaca karena menggunakan metode Zooming User Interface (ZUI) yang dapat memperbesar dan menonjolkan bagian tertentu yang sedang dibahas. Hasil validasi ahli menyatakan desain yang digunakan sesuai judul materi dan tujuan pembelajaran sehingga dinyatakan valid. Hasil uji persepsi siswa 68,6 kategori sangat baik dan reabilitas 0,835 kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil diperoleh bahwa media prezi dengan pendekatan scientific materi hukum newton tentang gerak layak digunakan sebagai bahan ajar
Unduhan
Referensi
Ariska, Dora. (2015). Penggunaan Prezi Desktop untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada materi Laju Reaksi kelas XI di SMA Negeri 1 Sungai Apit. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-11.
Artianingsih. (2013). Penerapan Mind Mapping dengan Media Prezi untuk Meningkatkan Prestasi dan Partisipasi Belajar Akutansi. Jurnal Penelitian, 2(1), 39-48.
Burhanudin, R. (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Software Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2).
Dzulhijah, P. (2015). Penerapan Prezi Dekstop Sebagai Media Presentasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Hidrokarbon di Kelas X SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan, 2(2), 1-11.
Febrianto. (2017). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TPHP pada Mata Pelajaran Pengendalian Mutu dalam Proses Pengolahan di SMK N 3 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 3(1), 42-48.
Istiqlal, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 43-54.
Jaya, A. (2014). Pengembangan Media Ajar Interaktif dengan Software Prezi pada Mata Kuliah Mekanik Teknik IV. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret.
Nurmaliah, Cut. (2015). Penggunaan Media Prezi pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 Lhoksukon. Jurnal Edubio Tropika, 3(1),1-50.
Tias, D. M. (2017). Desain Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Prezi Berbasis Scientific Materi Tata Surya Kelas Vii Smp.Skripsi Tidak diterbitkan. Universitas Jambi.
Pasaribu, A. (2016). Pengembangan Instrumen Autentik Assesmen Berupa Penilaian Proyek dengan Produk Mind Mapping pada Materi Gaya dan Hukum Nenton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(1).
Putri,U. Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Online Prezi dalam Pokok Bahasan Alat Optic pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi, 5(2).
Sunarno, Widha. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi dengan LKS Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(1).
Surani. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Mata Pelajaran Membuat Pola di SMK Awal Karya Pembangunan Galang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(1), 13-18.
Syahri, W. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia pada Materi Elektrokimia untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi dengan Menggunakan Software Prezi.Sainmatika, 6(1).
Yusuf, R. M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), 137-142
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2018-12-15 (1)
- 2018-12-15 (1)