Pengaruh Variasi Latihan Drill Horizontal Terhadap Hasil Lempar Cakram Pada Atlet Atletik SMAN 8 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i2.15615Keywords:
drill horizontal, hasil lempar cakramAbstract
SMA Negeri 8 Kota Jambi yang merupakan sekolah menegah atas yang berada di lingkungan kota jambi, sekolah ini memiliki berbagai macam prestasi olahraga yang pernah di ikuti oleh siswanya, baik olahraga tingkat pelajar serta ada siswa yang juga mengikuti PORPROV di Provinsi Jambi salah satunya olahraga atletik, pada saat peneliti observasi secara langsung yang di dampingi gulu olahraga sekaligus pelatih di sekolah tersebut mengenai perkembangan atlet pelempar cakram SMA 8 Kota Jambi, terlihat bahwa atlet-atlet tersebut memiliki khususnya atlet lempar cakram atau biasa disebut thrower memiliki fisik dan mental yang baik, namun teknik dasar mereka belum dikategorikan baik, sehingga atlet tersebut belum bisa memaksimalkan kemampuannya dengan baik, sebagian besar atlet atletik SMA 8 Kota Jambi khususnya nomor lempar cakram atau (thrower) sering mengalami kesalahan pada teknik gerak dasar melemparTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi latihan drill horizontal terhadap hasil lempar cakram pada atlet Atletik SMAN 8 Kota Jambi.Penelitian ini mengunakan jenis penelitian eksperimen, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Atlet Atletik SMAN 8 Kota Jambi yang berjumlah 7 orang.Berdasarkan hasil analisis data dilihat bahwa uji normalitas yang digunakan adalah uji liliefors dengan kriteria data berdistribusi normal apabila Lo (l hitung) < L (nilai kritis liliefors ) α= (0,05). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai Lo untuk data test awal dan tes lempar cakram pada sampel secara berurutan 0,1944< 0.300 dan 0,1944 <0.300 L ( 0,05 : 7) Maka berdasarkan hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa data test awal dan test akhir berdistribusi normal. dari uji-t menunjukkan data sebagai berikut: t hitung 5.2842 dan t tabel 1,9432 dengan d.b. n-1 (7-1 = 6) pada α 0,05 . (95%) untuk melihat apakah hipotesis Ho atau hipotesis Ha yang diterima maka dibandingkan harga t hitung dengan harga t table.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variasi latihan drill horizontal terhadap hasil lempar cakram pada atlet Atletik SMAN 8 Kota Jambi.
Downloads
References
Arikunto. 2010. Prusedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Awan Hariono, 2006. Metode Melatih Fisik. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Carr, A, Garry. 2000. Atletik Untuk Sekolah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Daharis. 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta Djoko Pekik Irianto. 2002. Dasar Kepelatihan. Yogyakarta. FIK UNY
Harsono. 2001. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Bandung
James C. Radcliffe & Robert C. Farentinos, 1985/2002. Pliometrik untuk Meningkatkan Power. Terjemahan M. Furqon H. dan Muchsin Doewes.Surakarta: ProgramStudi Ilmu Keolahragaan, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret
Jarver. 2012. Belajar dan Berlatih atletik. CV. Pionir .Jaya
Jomes, 2009. Physical Fitness and Akademi Acievement. Asep. Jurnal Of Excersice Physiology Vol 8. No. 1
Nossek Yosef 1995. General Teory Of Training. Logos. National Institute For Sport
Pate. 1993. Dasar-dasar Ilmu Kepelatihan. Semarang. IKIP Semarang PB PASI. 1993. Olahraga Atletik. Dekdikbud Jakarta
Roji. 2004. Pendidikan Jasmani olahraga Dan kesehatan.Ganeca. Jakarta
Rusli Lutan, 2001. Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SMEP). Jakarta:KONI Pusat.
Scheunemann, 2005. Dasar Ilmu Melatih. Malang: Dioma
Sidik. Zafar.2013. Mengajar Dan Melatih Atletik. PT. Remaja Rosdakarya.Bandung
Sukadiyanto. 2010. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta.Universitas Negeri Yogyakarta
Sukerdo, E. Yulliawan. (2019). Dasar-Dasar Atletik. Jambi: Salim Media Indonesia
Yuliawan, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1).