Pengaruh Latihan Dengan Visualisasi Media Video Terhadap Keterampilan Lari Jarak 100 Meter Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.22437/ijssc.v6i2.28091Keywords:
video media visualization, 100 meter distance running skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan dengan visualisasi media video terhadap keterampilan lari jarak jauh 100 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada saat pelaksanaan lari jarak pendek, sangat terlihat siswa belum begitu paham dengan teknik pelaksanaan gerakan lari sehingga hasil yang diinginkan tidak dapat tercapai secara maksimal, padahal berlari dengan teknik yang tepat. akan mampu menambah kecepatan, siswa belum mempunyai daya dorong yang kuat, dan belum mampu memaksimalkan panjang langkahnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dimana penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh satu variabel independen terhadap satu variabel dependen. Variabel bebasnya adalah latihan dengan visualisasi media video (X) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan lari jarak 100 meter (Y). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes keterampilan lari jarak 100 meter. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian pretest dan posttest keterampilan lari jarak 100 meter siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Berdasarkan hasil analisis data, nilai signifikansi pelatihan keterampilan lari jarak jauh 100 meter pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan visualisasi media video sebesar 0,000, maka nilai signifikansi tersebut < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan. yaitu terdapat pengaruh yang signifikan hasil latihan menggunakan visualisasi media video terhadap keterampilan lari 100 meter siswa kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Selanjutnya persentase peningkatan yang diperoleh pada saat latihan dengan visualisasi media video meningkat sebesar 7,4%.
Downloads
References
Aji, S. (2016). Buku olahraga paling lengkap. Ilmu Cemerlang Group.
Anisa, Y. (2022). Peran Channel Youtube Sebagai Media Alternatif untuk Membantu Proses Pembelajaran Matematika dan Media Informasi pada Tingkat Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 7(1), 13-21.
Arifin, S. (2017). Internalisasi Sportivitas pada Pendidikan Jasmani. Zifatama Jawara.
Asyhar, R., & Harjono, H. S. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Pembelajaran Lari Jarak Pendek Untuk Siswa Smp. Jurnal Tekno-pedagogi, 2(1).
Buanasita, A. (2022). Buku Ajar Gizi Olahraga, Aktivitas Fisik dan Kebugaran. Penerbit NEM.
Dale, E. (1969). Audiovisual Methods in Teaching. New York: Dryden Press.
Datang, W., & Pribadi, M. R. (2020). Hubungan Antara Panjang Tungkai dengan Kecepatan Lari 100 Meter pada Mahasiswa Putra Program Studi Pendidikan Olahraga (STKIP) Kie Raha Ternate. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(2), 1-9.
Haruyama, S. (2015). The miracle of endorphin. Mizan Qanita.
Kurnianto, D. (2015). Menjaga kesehatan di usia lanjut. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 11(2).
Purnomo, Eddy., dan Dapan. (2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfa Media.
Putri, M., & Yuliawan, E. (2021). Hubungan Power Tungkai Dengan Kecepatan Lari Sprint 50 Meter pada Siswa Putra Kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Power Limb Relationship With Sprint Speed of 50 Meters in Men's Students Class VIII State Junior High School 1 Muaro Jambi. Score, 1(1), 1-13.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaryoto, S., & Nopembri, S. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMA/MA SMK/MK Kelas XI: buku guru.
Susandi, A. (2020). Pendidikan life skills dalam penanaman nilai-nilai agama islam di Sekolah Dasar: Educational life skills; Islamic religion values; primary school. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 95-111.
Tasalim, R., & Cahyani, A. R. (2021). Stres akademik dan penanganannya. Guepedia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Diperoleh pada 20 April 2017 dari : http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/45.pd