Pengaruh Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar IPA

(The Effect Of Concept Attainment On IPA Learning Outcomes)

Authors

  • Widiya Septian Dewi Widiya Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sri Wardhani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Rusdy A Siroj Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14487

Abstract

This research is motivated by several statements which state that CAM can have a positive effect on learning outcomes. The purpose of the study was to determine whether there was a difference in the effect of applying the concept attainment model on student learning outcomes in science subjects on the structure and function of plant tissue when compared to the lecture method for class VIII SMP Negeri in Kisam Tinggi District, OKU Selatan Regency. The research method used is an experimental design with a quasi-experimental design type Nonequeivalent control group design. The population of this study were all eighth grade students of SMP Negeri in Kisam Tinggi District which consisted of 2 schools. The sample at SMP 1 Kisam Tinggi for the experimental class is VIII E while the control class is VIII B. The sample used at SMP 2 Kisam Tinggi for the experimental class is VIII B while the control class is VIII A. The sampling technique used was purposive sampling. Collecting data with a written test that is by giving a pretest and posttest. The results of the study the average posttest value of the experimental class was 76.00 and the average posttest value of the control class was 51.45. Data analysis was carried out using the Independent Sample T Test with the help of the SPSS 23.0 program. Obtained a significance value of 0.000. The value of sig < 0.005 indicates that H0 is rejected, meaning that there is a difference in the effect of the application of the concept attainment model on the learning outcomes of plant tissue structure and function when compared to the lecture method for class VIII of public junior high schools in Kisam Tinggi sub-district, OKU Selatan district.

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa pernyataan yang menyatakan CAM dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh penerapan concept attainment model terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan jika dibandingkan dengan metode ceramah  kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan quasi experimental design tipe Nonequeivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Kisam Tinggi yang terdiri dari 2 sekolah. Sampel pada SMP 1 Kisam Tinggi untuk kelas eksperimen yaitu VIII E sedangkan kelas kontrol VIII B, Sampel yang digunakan pada SMP 2 Kisam Tinggi untuk kelas eksperimen yaitu VIII B sedangkan kelas kontrol VIII A. Teknik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Pengumpulan data dengan test tertulis yaitu dengan cara memberikan pretest dan Posttest. Hasil penelitian nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 76,00 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 51,45  Analisis data dengan Independent Sample T Test dengan bantuan program SPSS 23.0. Diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai sig < 0,005 hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan pengaruh penerapan concept attainment model terhadap hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan jika dibandingkan dengan metode ceramah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin I. N. N. & Supriyono A. (2009). Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Magistra, Vol 21, No 69 (2009): Magistra Edisi Juni, 15. http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/view/186

Agustina, R., Huzaifah, S., & Dayat, E. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pencapaian Konsep (Concept Attainment Model) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Jamur Kelas X Sma Negeri 2 Inderalaya Utara. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 3(2), 200–213. https://doi.org/10.36706/fpbio.v3i2.4684

Ahmed, I., Ahmed Gujjar, A., Ali Janjua, S., Bajwa, N., Mohanlal, S., Sharada, B. A., Fatihi, A. R., Gusain, L., Marie Bayer, J., Ravichandran, S. M., Baskaran, G., & Ramamoorthy, L. (2012). LANGUAGE IN INDIA Strength for Today and Bright Hope for Tomorrow A Comparative Study of Effectiveness of Concept Attainment Model and Traditional Method in Teaching of English in Teacher Education Course. 12(March), 216–227. www.languageinindia.com

Anggraini, L. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 284. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1473

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Gusti, U. A., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Urgensi Pengembangan Booklet Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas Xi. Bjbe, 3(1), 59–66.

Irmayani. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Model Pembelajaran Concept Attainment Pada Siswa Kelas VI.C SDN 09 Pasaman. 109–120.

Istuningsih, W. (2016). ‘Efektivitas Model Pembelajaran Concept Attainment Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016’, 2016(2). 20.

Marzuzi. H, R. . . (2019). Penguasaan Konsep Biologi, Keaktifan dan Minat Siswa pada Pembelajaran Biologi dengan Peta Konsep melalui Model Concept Attainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1–11.

Nazar Muhammad, Djufri, M. (2014). Penerapan Model Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Metabolisme. Jurnal Biologi Edukasi, 6(1), 9–15.

Priarti, M. (2012). Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.

Putri, D. P. (2017). Model Pembelajaran Concept Attainment Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Tatsqif, 15(1), 97–130. https://doi.org/10.20414/j-tatsqif.v15i1.1319

Risadwati. Muh. Khalifah Mustami. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa kelas XI IPA SMAN 11 Bulukumba. 5(2), 158–177. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/14700

Sijabat, F. T., Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 13–20. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.13-20

Yulilina. R, Rusdi, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Kemampuan Komuniksi dan Pemahaman Konsep Siswa PAda Materi Sistem Reproduksi. 9(2), 1–5.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Widiya, W. S. D., Wardhani, S., & A Siroj, R. . (2021). Pengaruh Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar IPA : (The Effect Of Concept Attainment On IPA Learning Outcomes). BIODIK, 7(4), 01-09. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14487

Most read articles by the same author(s)