Analisis Pembelajaran Daring Biologi Di Masa Pandemi Covid-19 Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

(Analysis of Biology Online Learning During the Covid-19 Pandemic Biology Study Program FKIP University of Muhammadiyah Palembang)

Authors

  • Desti Tria Putri Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Sri Wardhani Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Indawan Indawan Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.14495

Abstract

The online learning system is one from of realizing Revolution 4.0 which focuses on technology based learning. Online learning is learning without face to face directly between lecturers and students, but is carried out by utilizing information technology. The purpose of this study was to find out the description of online biology learning during the Covid-19 pandemic FKIP Muhammadiyah University of Palembang. This type of research is a qualitative research. The results of this study are that there are three activities, namely planning, implementation, and evaluation of learning. In planning activities, the lecturer make RPS or SAP and also prepares teaching materials. Besides that, students also do planning starting from the place, completeness of stationery, and readiness to learn. In the implementation of learning applications that are often used zoom and whatsapp. The learning method used is question and answer discussion. The obstacle that is very often encountered in online learning is the signal problem. The readiness of students and lecturers during the online learning process is quite good. The characteristics of students in online learning look more creative. The form of evaluation is in the form of assignments after the end of the lecture and the application used by Whatsapp. For the final semester exam, it is done in writing with the lecturer sending questions in the whatsapp group.

Abstrak. Sistem pembelajaran daring salah satu bentuk untuk mewujudkan Revolusi Industri 4.0 yang menitikberatkan pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiwa, tetapi dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembelajaran daring biologi di masa pandemi Covid-19 FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Pada kegiatan perencanaan dosen membuat RPS atau SAP dan juga mempersiapkan bahan ajar selain itu mahasiswa juga melakukan perencanaan mulai dari tempat, kelengkapan alat tulis, dan kesipan belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran aplikasi yang sering digunakan zoom dan whatsapp. Metode pembelajaran yang dipakai diskusi tanya jawab. Kendala yang sangat sering ditemui dalam pembelajaran daring adalah masalah sinyal. Untuk kesiapan mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran daring cukup baik. Karakteristik mahasiswa dalam pembelajaran daring ini terlihat lebih kreatif. Bentuk evaluasi berupa tugas-tugas setelah akhir perkuliahan dan aplikasi yang digunakan whatsapp. Untuk ujian akhir semester dilakukan secara tertulis dengan dosen mengirimkan soal-soal di grup whatsapp.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.sopian. (2016). tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning teaching and assessment: a revision af bloom’s taxonomy of education objectives. New York, San Fransisko, Boston: Addison Wesley Longman, Inc.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Dimyati, M. (2015). Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli. Online).(Http://Himitsuqalbu. Wordpresst. Com). Diakses Tanggal, 20.

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food. Agriculture and Cunsomer Protection.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Hamid, A., & Sudira, P. (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Smk Salafiyah Prodi TKJ Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Hasan, A. M. (2018). Strategi Belajar Biologi. UNG Press Gorontalo.

hifzul Muiz, M., & Sumarni, N. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Remaja Rosadakarya.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155–165.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352–364.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Purwanto, P. (2010). Peran Guru Kompeten Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari Jember. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Sholihah, F. (2015). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Model Missouri Mathematics Project terhadap Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa Kelas-X. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Sitepu, B. P., & Lestari, I. (2018). Pelaksanaan rencana pembelajaran semester dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 41–49.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa Pgsd di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.

Wuryadi. (1971). Dasar Pengertian: Pendidikan Biologi. Jurnal Forum Pendidikan Biologi, 4(2), 88.

Zahra, A. S., & Wijayanti, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulungagung dengan Adanya Kebijakan Psychal Distancing Era Pandemi Covid 19. GERAM, 8(1), 83–89.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Putri, D. T., Wardhani, S., & Indawan, I. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Biologi Di Masa Pandemi Covid-19 Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang: (Analysis of Biology Online Learning During the Covid-19 Pandemic Biology Study Program FKIP University of Muhammadiyah Palembang). BIODIK, 8(1), 1-9. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.14495

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)