Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Praktikum Struktur Tulang dengan Menggunakan Metode ANCOR

(Analysis of the Suitability of the Bone Structure Practicum Worksheet with the ANCOR Method)

Authors

  • Ismail Fadlurrohman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Suprianto Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17868

Abstract

The purpose of this study was to analyze and reconstruct student worksheets using the ANCOR (Analysis-Try-Reconstruction) method. This research is a qualitative descriptive analysis study using the ANCOR (Analysis-Try-Reconstruction) method which was adapted from the research conducted (Syiba, et al. 2021). The analysis was carried out on 5 LKS Bone structures based on the curriculum used in Indonesia using the Laboratory Activity Analysis Form instrument and the Vee Diagram scoring table. The trial was carried out at the Plant Structure Laboratory of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Pendidikan Indonesia. The results of the study found that the LKPD used in the Bone Structure Practicum was not suitable and still low. So it is necessary to review the objectives and practicum activities to form a knowledge of concepts according to facts, structured work procedures, to help students direct and understand practicum activities well.

Key words: Practicum, Worksheet, Bone structure

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merekontruksi lembar kerja siswa dengan metode ANCOR (Analisis-Coba-Rekontruksi). Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kualitatif dengan metode ANCOR (Analisis-Coba-Rekontruksi) yang diadaptasi dari penelitian yang dilakukan (Syiba, et all 2021). Analisis dilakukan pada 5 LKS Struktur tulang berdasarkan Kurikulum yang digunakan di indonesia dengan menggunakan instrumen Form Analisis Kegiatan Laboratorium dan tabel penskoran Diagram Vee. Uji coba dilakukan di Laboratorium Struktur Tumbuhan FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian ditemukan bahwa LKPD yang digunakan pada Praktikum Struktur tulang masih kurang sesuai dan masih rendah. Sehingga perlu dikaji ulang antara tujuan dan kegiatan praktikum untuk membentuk suatu pengetahuan konsep sesuai fakta, prosedur kerja yang terstruktur, sehingga membantu siswa untuk mengarahkan dan memahami kegiatan praktikum dengan baik.

Kata kunci: Praktikum, Lembar kerja, Struktur tulang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, E. (2016). Analisis Kesesuaian Materi Kuliah dengan Materi Praktikum Biologi Bidang Tumbuhan pada Program Studi Pendidikan Biologiuin Ar-Raniry. Jurnal Biotik, 4(2), 156-162.

Azmi, N., Prastowo, P., dan Maslena. (2018). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Kelas X yang digunakan MAN Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 65-70.

Bago, A, S. (2018). Pengembangan Penuntun Praktikum Biologi disertai Gambar pada Materi Jaringan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Siswa SMA Se Kecamatan Telukdalam. Jurnal Education and development , 5(2), 85–90.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar. Jakarta:Erlangga.

Festile, R,M. (2017). The Influence of Practical Work in the Teaching and Learning of Acids , Bases and Neutrals in Natural Sciences. Cape: University of the Western Cape.

Hashim, S., Mohamad, M, M dan Wan Muda, W, H, N. (2018). Knowledge Construction Models: A view of Various Models for an Impeccable Learning Environment. MATEC Web of Conferences, 1-7. https://doi.org/10.1051/matecconf/201815005013.

Hindriana, A, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Berbasis Diagram Vee Guna Memfasilitasi Kegiatan Laboratorium secara Bermakna. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 1(2), 62-68.

Holman, J. (2017). Good Practical Science. London: The Gatsby Charitable Foundation.

Laelasari, I dan Supriatno, B. (2018). Analisis Komponen Penyusun Desain Kegiatan Laboratorium Bioteknologi. Jurnal Bioedukatika, 6(2), 84-90.

Maemunah, S dan Dias, I, P. (2019). Pengembangan Modul Jaringan Tumbuhan Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL). Jurnal Penelitian Pendidikan, 2 (2), 129-136.

Millar, R & Abrahams, I. (2009). Practical Work: Making it More Effective. School Science Review, 91(334), 59–64.

Millar, R. (2004). The Role of Practical Work in the Teaching and Learning of Science. Washington DC: National Academy of Sciences.

Novak & Gowin. (1984). Learning How to Learn. New York: Cambridge University Press.

Rima., Munandar, A., dan Anggraeni, S. (2020). Pengembangan Kegiatan Praktikum Pemodelan Efek Rumah Kaca untuk Siswa SMA pada Materi Perubahan Lingkungan. Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 34-38.

Supriatno, B. (2009). Uji Langkah Kerja Laboratorium Sekolah. Proseding Seminar Nasional Biologi: Inovasi dan Pendidikan Biologi dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, 255-261.

Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Disertasi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Supriatno, B. (2018). Praktikum Untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 1–18.

The Society of Biology. (2010). The Importance of Practical Biology : From School to Higher Education. www.societyofbiology.org.

Wahidah, N, S., Supriatno, B., dan Kusumastuti, M, N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70-76.

Woolfolk, A. (2008). Educational Psychology.(10th ed.). New Jersey: Allyn and Bacon.

Downloads

Published

2022-06-04

How to Cite

Fadlurrohman, I., Anggraeni, S. ., & Suprianto, B. (2022). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Praktikum Struktur Tulang dengan Menggunakan Metode ANCOR: (Analysis of the Suitability of the Bone Structure Practicum Worksheet with the ANCOR Method). BIODIK, 8(2), 31-37. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17868

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>