Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMP Ditinjau dari Penggunaan Aplikasi Mobile Learning pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia

(Analysis of Digital Literacy Abilities of Junior High School Students in Terms of the Use of Mobile Learning Applications on the Concept of Human Circulatory System)

Authors

  • Deudeu Anggia Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aa Juhanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19140

Abstract

Digital literacy is one of the skills that students must have in the current era of industrial revolution 4.0. This study aims to analyze the level of digital literacy of middle school students, particularly in relation to the concept of the human circulatory system, in terms of the use of mobile learning in natural subjects. This survey is a descriptive qualitative survey conducted in May 2022 using an analytical survey methodology. The subjects of this survey are 24 eighth grade students SMPTIT Al-Hikmah. The instrument used was the digital literacy survey adopted from Japelidi. The results show that students' digital competence falls into five categories: very high, high, medium, low and very low. On the other hand, students have a high level of digital competence with an average percentage of the overall indicators of 71.51%. The conclusion of this survey is that based on the results of the survey, students have a high level of digital literacy in using Android-based mobile learning.

Keywords : digital literacy, mobile learning, human circulatiory system

 

ABSTRAK

Literasi digital merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki pelajar pada era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi digital siswa SMP yang ditinjau dari penggunaan mobile learning pada mata pelajaran IPA khususnya pada konsep sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi analisis yang dilakukan pada Mei 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas VIII SMPT IT Al-Hikmah. Instrumen yang digunakan adalah angket kuesioner mengenai kemampuan literasi digital yang diadaptasi dari Japelidi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital pada siswa dibedakan menjadi lima kategori diantaranya sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Sementara tingkatan literasi digita siswa berada pada tingkatan tinggi dengan rata-rata presentase keseluruhan indikator yaitu 71,51%. Simpulan dari penelitian ini bahwa tingkat literasi digital siswa berada pada tingkatan tinggi ditinjau dari penggunaan mobile learning berbasis android melalui skor yang didapat pada angket kuesioner.

Kata Kunci : literasi digital, mobile learning, sistem peredaran darah manusia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., Wijayanto, X. A., Desiana, F., & Astuti, S. I. (2021). Aman bermedia digital. Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, Rochmad, & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan menganalisis argumen dalam berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu. Jurnal Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 337–342. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28948

Darmawan, D. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Rajawali Pers. Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa Covid-19. Edukasi:

Jurnal Pendidikan, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Hudjimartsu, S. A., Prayudyanto, M. N., Permana, S., & Heryansyah, A. (2021). Peluang Dan Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Fakultas Teknik Dan Sains UIKA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 58.

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6245

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva, 4(2), 231–240.

Junita, W. (2019). Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0.

Ketut, N., Muliastrini, E., Nyoman, N., & Handayani, L. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0.

Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, No.3 Tahun 2021, 3, 79–85.

Kurnia, N., Monggilo, W. M. Z., & Adiputra, W. M. (2018). Yuk, Tanggap Dan Bijak Berbagi Informasi Bencana Alam Melalui Aplikasi Chat. In Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM (Vol. 1, Issue 1).

Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 263. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275

Novrica, C., & Sinaga, A. P. (2019). Peningkatan Pengetahuan Jurnalistik Siswa SMA Kota Medan Melalui Pemanfaatan Smartphone. Jurnal Interaksi, 3(2), 169–179.

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Mengengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, VII(2), 26–34.

Rahmiani. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pandemi Covid-19 Melalui Media Penyiaran dan Media Digital pada Masyarakat Lero (Studi Perbandingan). Institut Agama Islam negeri Parepare.

Rianto, P., & Sukmawati, A. I. (2021). Literasi Digital Pelajar Di Yogyakarta : Dari. Jurnal Komunikasi Global, 10(1), 137–159.

Salehudin, M., Marniah, & Hariati. (2020). Siswa Sd Menggunakan Smartphone dalam Pembelajaran Online. Jurnal Ibtida, 01(02), 229–242.

Sulistyawati, W., Wahyudi, & Trinuryono, S. (2022). Analisis (Deskriptif Kuantitatif) Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Blended Learning Di Masa Pandemi Covid19. Kadikma, 13(1), 68–73.

Wiro, M., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. 3(5), 2092–2104.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Anggia, D., Ramdan, B. ., & Juhanda, A. . (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMP Ditinjau dari Penggunaan Aplikasi Mobile Learning pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia: (Analysis of Digital Literacy Abilities of Junior High School Students in Terms of the Use of Mobile Learning Applications on the Concept of Human Circulatory System). BIODIK, 8(4), 65-75. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19140

Most read articles by the same author(s)