Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMP Menggunakan Model Pembelajaran Conceptual Change Pada Materi Sistem Ekskresi

(Analysis of High-Level Thinking Skills for Junior High School Students Using Conceptual Change Models on Excretory System Materials)

Authors

  • Asri Nurafipah Asri -
  • Aa Juhanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19085

Abstract

Higher order thinking skills are thinking that trains students' cognitive abilities at a higher level, namely students are able to combine facts and ideas. This study aims to analyze higher order thinking skills using a conceptual change model. The research subjects were 32 students of class VIII SMP in the city of Sukabumi. This research uses descriptive quantitative method. The instrument used is about higher order thinking skills as many as 30 multiple choice options. The indicators are C4 (Analyze) C5 (Evaluate) C6 (Create). The results obtained that the average pretest score was 54.6 and the posttest average was 87.1, the ngain value was 0.7, which is an increase in height. So that this Model pembelajaran conceptual changeis feasible to use to improve higher-order thinking skills.

Key words: Higher order thinking, Conceptual Change Model

 

ABSTRAK

Kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir yang melatih kemampuan kognitif siswa pada tingkat yang lebih tinggi, yaitu siswa mampu menggabungkan fakta dan ide. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan model konseptual change. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi sebanyak 30 pilihan pilihan ganda. Indikatornya adalah C4 (Analyze) C5 (Evaluate) C6 (Create). Hasil yang diperoleh rata-rata nilai pretest 54,6 dan rata-rata posttest 87,1 nilai ngain 0,7 yang merupakan peningkatan tinggi badan. Sehingga model perubahan konseptual ini layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kata kunci: Berpikir Tingkat Tinggi, Conceptual Change Model

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agiande, D. U., Williams, J. J., Dunnamah, A. Y., & Tumba, D. P. (2015). Conceptual Change Theory As a Teaching Strategy in Environmental Education. European Scientific Journal, 11(35), 1857–7881.

Annuuru, T., A., Johan, R., C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Edutcehnologia, 3(2), 136–144. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9144

Az-zahra, W., & Arsal, A. F. (2019). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Yang Dibelajarkan Dengan Model Problem-Based Learning Pada Pembelajar Biologi Di Sekolah Menengah Atas. 1–11.

Barat, P., Pelajaran, T., Pebriyanti, D., & Sahidu, H. (2015). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PERUBAHAN KONSEPTUAL UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI FISIKA PADA SISWA KELAS X SMAN. I(1), 92–96.

Berlina, S., Studi, P., Biologi, P., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Syarif, N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH ( PBL ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI ( HOTS ) PADA KONSEP SISTEM.

Gustia Angraini, Siti Sriyati. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X di Kota Solok pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1(1), 114–124.

Ii, B. A. B., & Konseptual, A. M. P. (2012). model konseptual. 9–48.

Makhrus, M., Nur, M., & Widodo, W. (2014). Model Perubahan Konseptual Dengan Pendekatan Konflik Kognitif (Mpk-Pkk). Jurnal Pijar Mipa, 9(1), 20–25. https://doi.org/10.29303/jpm.v9i1.39

Model, P., Change, C., Pendekatan, M., Education, S., Reduksi, T., Tadris, J., Pengetahuan, I., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2021). Pengaruh Model Conceptual Change Melalui Pendekatan Stem Education Terhadap Reduksi Miskonsepsi. April.

Naconha, A. E. (2021). skripsi ccm. 4(1), 6.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029

PUTRA, I., Sadia, M., & Suastra, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Rahmawati, S., Taufik, M., Harjono, A., & Zuhdi, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika Peserta Didik Kelas XI. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 2(1), 6–10.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sari, M. A. I., Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (n.d.). Pengaruh Model Perubahan Konseptual Menggunakan Media Android Mobile Learning Terintegrasi Al- Qur ’ An Terhadap Miskonsepsi Pengaruh Model Perubahan Konseptual Menggunakan Media Android Mobile Learning Terintegrasi Al- Qur ’ An Terhadap Miskonsepsi.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Asri, A. N., Juhanda, A. ., & Windyariani, S. . (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMP Menggunakan Model Pembelajaran Conceptual Change Pada Materi Sistem Ekskresi: (Analysis of High-Level Thinking Skills for Junior High School Students Using Conceptual Change Models on Excretory System Materials). BIODIK, 8(4), 59-64. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19085

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>