Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android tentang Materi Animalia untuk Peserta Didik SMA/MA
(Development of Android Based Learning Interactive Multimedia on Animalia Materials for Senior High School)
DOI:
https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.21141Abstract
Based on the results of observation made interactive multimedia based on android which is used as a learning medium that can motivate students and improve student learning outcomes is not yet available. This study aims to develop android-based interactive multimedia about valid animalia material for class X. Students. This research is a research and development using a 4D development model. The reserach subjects consisted of two biology lecturers at Padang State University and one biology teacher at SMAN 10 batanghari as validators in interactive multimedia. The instrument used to collect data is in the form of a validation questionnaire, to assess the product that has been made. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative descriptive analysis. Based on the results of android-based interactive multimedia about animalia material, an averge value of 92,1% was obtained with very valid criteria. In the validity test on this interactive multimedia, it is assessed that it consists of four components, namely the feasibility of content, language, presentation, and graphics.
Key words: interactive multimedia, android, animalia, validitas
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan multimedia interaktif berbasis android yang dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik belum tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis android tentang materi animala untuk peserta didik kelas X yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Subjek penelitian terdiri dari dua orang dosen biologi Universitas Negeri Padang dan satu orang guru biologi SMAN 10 Batanghari sebagai validator pada multimedia interaktif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket validasi, untuk menilai produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi dari multimedia interaktif berbasis android tentang materi animalia didapatkan nilai rata-rata sebesar 92,1% dengan kriteria sangat valid. Dalam uji validitas pada multimedia interaktif ini yang dinilai terdiri dari empat komponen yaitu kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan.
Kata kunci: Multimedia interaktif, android, animalia, validitas
Downloads
References
Abdillah, A., Mardiyani, E., & Nawawi, I. (2018). Aplikasi dan Smartphone Berbasis Android untuk Menangani Reservasi Hotel pada Citi Smart Hotel-BSD. Jurnal Teknik Komputer, 4(2). https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3597
Armansyah, F., Sulton, & Sulthoni. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224-229. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i32019p224
Depdiknas. (2008). Pandungan Pengembangan Multimedia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Plantae untuk Peserta Siswa SMA Menggunakan Eclipse Galileo. Biodik, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.22437/bio.v2i1.3356
Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 pada Sub Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. E-Joural Unesa, 5(2), 73-82.
Huda, B, & Apriyanto, S. 2018. Aplikasi Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Android dan Web Monitoring, Buana Ilmu, 4(1). https://doi.org/10.36805/bi.v4i1.808
Ilmi, A. (2022). Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Android dengan Software Ispring Suite Kelas XII. Journal Mathematics Education Sigma, 4(1). http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v4i1.11097
Kuntoro, A.T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2928
Kuswanto, J., & Radiansah, F. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI, Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lubis, F.A., & Sormin, A.S. (2019). Pengembangan Modul Berorientasi Predict, Observe, Explain (POE) pada materi Virus terhadap Kognitif Siswa. Jurnal Biolukus, 2(2). http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.535
Pradana, I.B., Setyosari, P., & Sulthoni. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26-32. http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i12020p026
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prayitno, T.A., & Hidayati, N. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Materi Mikrobiologi Berbasis Edmodo Android. Bioilmi, 3(2). https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1399
Purwanto, M.N. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Puspitadewi, S. (2014). Pofil LKS Materi Perubahan Lingkungan Berorientasi Kurikulum 2013 untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa. Bioedu, 3(3), 571-579.
Rasyid, M., Azis, A.A., & Saleh, A.R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80
Rosanti, S., Alamhamdani, N., & Maskur. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Ispring Suite 8 untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis Bahasa Inggris pada Pokok Bahasan Offering Help di Sekolah Menengah Atas. JTEP Jurnal teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.31980/tp.v5i1.809
Setyaningsih, G., Prasetyo, M.A.W., & Hidayah, D.B. (2019). Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMPN 1 Nusawungu berbasis Smartphone Android. Jurnal Matrik, 18(2), 246-256. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.365
Wongo, M.A., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Animasi 2D Berbasis Mobile untuk Siswa SMK. Jurnal Penidikan Teknologi dan Informasi, 1(4). https://doi.org/10.53682/edutik.v1i4.2070
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Perfoma Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289
Yogica, R., Lufri, & Sumarmin, R. (2014). Efektivitas Modul Bergambar Disertai LKS Berorientasi Konstruktivistik Terhadap Proses dan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).
Yuniasih, N., Aini, R.N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN Ciptomulyo 3 Kota Malang. JIP, 8(2), 85-94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dewi Fortuna Rahayu, Ardi, Helendra, Relsas Yogica
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).