Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Pada Praktikum Uji Urin

(Analysis of High School Student Worksheet on Urine Test Practice)

Authors

  • Iman Ridwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriyatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9462

Abstract

The student’s worksheet is particularly helpful for students in practical activities to stimulate a whole concept formation that previously had been obtained from either the literature or the delivery of the teacher in the class. This study aims to explain the analyses and trials of several imputations that refer to KTSP curriculum and the 2013 curriculum. The research method used is a quantitative description. The research method used in this study is a quantitative descriptive method. The sample in this study amounts to five student worksheets of the urine tested chosen using an alcoholological sample. The research tools used in this study are the features of conceptual analysis, durations, and knowledge construction, the completeness of the components of the lto-to, and the finder of lt-based vee diagrams adapted from novak and gowin (1984). Research shows that the conceptually student worksheet urine test has not yet contained content and trained competence (knowledge and skills) in accordance with the demands of the 2013 curriculum. Procedurally, the analyzed student’s worksheet of urine tests may be well performed, but it is largely irrelevant to the practical purposes and basic competence demands in the curriculum. From the standpoint of the construction of knowledge, the analysis of student’s worksheet urine test has not helped learners to reconstruct their knowledge in its entirety of concepts, principles, and theories through the various facts that result. Judging from its structure, almost all of student’s worksheet tested of urine tests has the components of a complete vee diagram, though with the difference in quality indicated by the score score of each of the components of the vee diagram. Based on the problems found, the lentine requires reconstruction from the conceptual side, procedural, construction of knowledge, as well as its structure.

Abstrak. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sangat bermanfaat bagi siswa dalam kegiatan praktikum untuk menstimulasi pembentukan konsep secara utuh yang sebelumnya sudah didapatkan baik dari studi literatur atau penyampaian dari guru di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis serta uji coba dari beberapa LKPD praktikum yang mengacu pada kurikulum KTSP dan kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 5 LKPD Uji Urin yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rubrik analisis konseptual, prosedural, dan konstruksi pengetahuan, rubrik kelengkapan komponen LKPD, dan rubrik penskoran komponen LKPD berdasarkan Diagram Vee yang diadaptasi dari Novak dan Gowin (1984). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara konseptual LKPD Uji Urin yang dianalisis belum memuat konten dan melatih kompetensi (pengetahuan dan keterampilan) yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Secara prosedural, LKPD Uji Urin yang dianalisis dapat dilaksanakan dengan baik, tetapi sebagian besar belum relevan dengan tujuan praktikum dan tuntutan kompetensi dasar di kurikulum. Dari segi konstruksi pengetahuan, LKPD Uji Urin yang dianalisis belum membantu peserta didik untuk mengonstruksi pengetahuannya secara utuh yang terdiri dari konsep, prinsip, dan teori melalui berbagai fakta yang dihasilkan. Ditinjau dari strukturnya, hampir seluruh LKPD Uji Urin yang dianalisis memiliki komponen Diagram Vee lengkap, meskipun dengan perbedaan kualitas yang ditunjukkan oleh capaian skor dari masing-masing komponen Diagram Vee. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ditemukan, LKPD Uji Urin memerlukan rekonstruksi dari sisi konseptual, prosedural, konstruksi pengetahuan, maupun strukturnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson & Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hewson, M. G. & Hewson, P. W. (2003). Effect of instruction using students prior knowledge and conceptual change strategies on science learning. Nation of Research in Science Teaching. Vol. 40. Supplement. 586-598.

Millar, R. (2004). The Role of Practical Work in The Teaching and Learning of Science. Washington DC. National Academy of Sciences.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, T., Rustaman, N., Sukmadinata, N.S., dan Poedjaji, A. (2006). “Profil kemampuan generic perencanaan percobaan calon guru hasil pembelajaran berbasis kemampuan generic pada praktikum fisiologi tumbuhanâ€. Jurnal Pendidikan dan Budaya Educare. 4 (1), 72- 87.

Rustaman, A. & Wulan, A. R. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Bandung: Universitas Terbuka.

Sofyan, Herminarto. (2016). Penyusunan Panduan Praktikum. Applied Approach Buku 2. UNY Press: Yogyakarta

Suparno, P. (2000). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Supriatno, B. (2007). Profil Lembar Kegiatan Biologi Siswa Sekolah Menengah. Proceding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Biologi

Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Disertasi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Sudijono, Anas. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Grafindo Persada.

Syam, Machmud. (2003). Praktikum. Materi presentasi pada pelatihan program

Wahidah N.S, Supriyatno B, Kusumastuti M.N, (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesian Journal of Biology Education, ISSN 2621-7260 (Online).

Downloads

Published

— Updated on 2020-10-09

Versions

How to Cite

Ridwan, I. ., Anggraeni, S. ., & Supriyatno, B. . (2020). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Pada Praktikum Uji Urin : (Analysis of High School Student Worksheet on Urine Test Practice). BIODIK, 6(3), 319-327. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9462 (Original work published September 6, 2020)

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3