Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2018-06-29. Baca versi terbaru.

Learning Management System (LMS) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction.

DOI:

https://doi.org/10.22437/chp.v3i1.5078

Kata Kunci:

Learning Management System, Kimia Lingkungan, CAI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protype desain produk e-learning berbasis LMS menggunakan aplikasi moodle, khususnya pada materi Daur Biogeokimia yang di pelajari pada mata kuliah Kimia Lingkungan. Proses pembelajaran dalam LMS ini mengakomodasi beberapa konten dengan berbagai vitur yaitu course content yang mencakup artikel, materi modul yang dikemas dalam bentuk interaktif flash animasi, tugas/ujian, dan video pembelajaran dan penugasan untuk mengukur pencapaian mahasiswa

Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) modifikasi Sugiyono. Subyek penelitian yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang ditentukan secara convenience sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media serta  tangggapan mahasiswa terhadap produk yang telah dikembangkan melalui angket.

Tanggapan ahli menunjukkan e-learning berbasis Moodle sangat layak dari segi media dan layak dari segi materi. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan tanggapan positif dimana para mahasiswa sangat tertarik dan memberikan respon jika aplikasi LMS moodle merupakan bentuk inovasi dalam alternatif proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Allen, M, 2013, Michael Allen’s Guide to Elearning. Canada: John Wiley & Sons.

Anitah S. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: Unnes Press.

Mayer, R.E. 2009. Multimedia Learning Prinsip-prinsip, Aplikasi dan Tiga Asumsi Teori Kognitif Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Munir, 2010, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung, Alfabeta, h. 202.

Hidayati, I, P, 2016. Optimalisasi Pengembangan Blended Learning Berbasis Moodle Untuk Matakuliah Mikrobiologi., Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang Volume 6 Nomor 2.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tasri L. 2011. Pengembangan bahan ajar berbasis web. Jurnal MEDTEK 3 (2):1-8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-06-29

Versi

Cara Mengutip

Learning Management System (LMS) Sebagai Aplikasi Pengembangan Materi Interaktif Pokok Bahasan Daur Biogeokimia Berbasis Computer Assisted Instruction. (2018). Chempublish Journal, 3(1), 21-31. https://doi.org/10.22437/chp.v3i1.5078