Pengembangan Buku Ajar Teori Graf untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit

Penulis

  • Farida Daniel STKIP SOE
  • Prida N. L. Taneo STKIP Soe

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7635

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar teori graf yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswadalam pembelajaran teori graf pada matakuliah matematika diskrit.Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain pengembangan mengikuti model Plomp yang terdiri dari lima tahapan berupa (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika diskrit, tahun akademik 2018/2019 program studi pendidikan Matematika STKIP Soe sebanyak dua kelas.Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, tes dan angket.Produk berupa buku ajar  teori graf yang dikembangkan diuji validitasnya berdasarkan hasil penilaian dari tim ahli sebagai validator. Kepraktisan  produk diuji menggunakan analisis angketrespon mahasiswa dan dosen. Uji keefektifan buku ajar dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dilakukan melalui penelitian quasi eksperimen dengan teknik analisis menggunakan uji t sampel independen dan  skor gain normalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar teori graf yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa.

Kata Kunci: buku ajar, matematika diskrit, representasi matematis, teori graf

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Prida N. L. Taneo, STKIP Soe

Dosen prodi pendidikan matematika STKIP Soe

Diterbitkan

18-11-2019 — Diperbaharui pada 18-11-2019

Versi

Cara Mengutip

Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Teori Graf untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 64–70. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7635