NEGOSIASI PERSUASIF BRAND LOKAL ERIGO DALAM MEMBANGUN KEMITRAAN
DOI:
https://doi.org/10.22437/jisipunja.v5i1.16255Keywords:
Erigostore, Negosiasi, Persuasif, KemitraanAbstract
Erigo merupakan salah satu brand yang menyediakan produk fashion dimana menyasar kalangan muda dengan konsep street style yang cocok untuk bepergian maupun dikenakan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, brand Erigo cukup terkenal sebagai penyedia fashion dan dianggap memiliki strategi penjualan yang kuat hingga mampu menguasai pasar nasional. Untuk itu dalam menguasai pasar, Erigo bekerjasama dengan komponen kemitraan seperti pembisnis besar dan pembisnis UMKM dalam memperoleh keuntungan yang sama. Langkah awal Erigo dalam melakukan kemitraan adalah dengan cara memilih jenis kemitraan, setelah itu, pihak yang sudah berhasil dalam melakukan negosiasi menjadi rekan bisa langsung melakukan bisnis sesuai tertera dalam kontak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep negosiasi persuasif yang dilakukan oleh Erigo dalam membangun kemitraan hingga sukses di pasaran dan memperoleh keuntungan yang sama. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data desktriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati . hasil akhir dalam mencapai negosiasi persuasive yaitu sampai dengan mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, sehingga untuk Erigo dan pengusaha yang lainnya sama-sama merasa menang. Oleh karena itu, selama pelaksanaan negosiasi persuasive hal penting yang harus selalu diperhatikan adalah prinsip kaidah kencana yakni, negoasiasikan kepentingan bukan pendirian.