Gangguan Berbahasa Pada Penyandang Tunagrahita di SLB (Sekolah Luar Biasa) Sri Soedewi Kota Jambi: Kajian Psikolinguistik

Authors

  • Yuliani Eka Putri Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi
  • Aprilia Kartika Putri Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/kalistra.v3i1.42353

Keywords:

gangguan berbahasa, tunagrahita, psikolinguistik, sintaksis

Abstract

This study aims to explain and describe language disorders in the syntactic level in the sentence patterns of people with intellectual disabilities. The subjects of this study were students of class IX-C SLB Sri Soedewi, Jambi City named Fazza, Tama and Zahira. The analysis was carried out based on the compound sentence pattern. The method used in this study was descriptive qualitative. Data collection techniques used elicitation, recording and interviews. Data analysis techniques used were transcription, codification, classification, and data tabulation. The results of the data analysis showed that in compound sentences did not use conjunctions as connectors between clauses. Three (3) out of three (3) mentally retarded people of class IX-C at SLB Sri Soedewi constructed compound sentences without using the building elements, namely subject-predicate-conjunction-subject-predicate-conjunction.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai gangguan berbahasa dalam tataran sintaksis pada pola kalimat penyandang tunagrahita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-C SLB Sri Soedewi kota Jambi yang bernama Fazza, Tama dan Zahira. Analisis dilakukan dengan berdasar pada pola kalimat majemuk. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan elisitasi, rekam dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu transkripsi, kodifikasi, klasifikasi dan tabulasi data. Hasil analisis data didapatkan bahwa pada kalimat majemuk tidak menggunakan konjungsi sebagai penghubung antar klausa. Tiga (3) dari tiga (3) penyandang tunagrahita kelas IX-C di SLB Sri Soedewi membangun kalimat majemuk tanpa menggunakan unsur pembangunnya yaitu subjek-predikat-konjungsi-subjek-predikat-konjungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afria, Rengki and Tersta, Frisciila Wulan (2018) Language Disorder “Stutering” On The Children: Case Study Of Muhammad Rizki Utama. Proceeding The Third International Conference on Malay Identity, 3 (1). pp. 316-322. ISSN 9786025163418

Alvina, M. (2022). Gangguan Berbahasa Penyebab Ketidakjelasan Tuturan Pada Anak Penderita Down Syndrome Dalam Mengucapkan Kosakata: Studi Kasus Di Slb N Semarang (Tinjauan Psikolinguistik). Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69),

Anggiasari, S. dkk. (2024). Performasi Sintaksis pada Anak Tunagrahita Ringan dan Sedang di SLB Budi Asih Gombong. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 23(1), 90–101. https://doi.org/10.21009/bahtera.231.08

Apriliyanti, D. N. (2023). Gangguan Berbahasa Pada Anak Tunagrahita Usia 24 Tahun. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6). https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/403%0Ahttps://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/download/403/471

Arifin, Z (2009). Sintaksis. Jakarta : PT. Grasindo.

Chomsky, N. (1969). Aspects of the Theory of Syntax. MIT Press. https://books.google.co.id/books?id=u0ksbFqagU8C

Effendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. PT Bumi Aksara.

Fadhilasari, I. (2022). Gangguan Berbahasa Tataran Fonologis Pada Tuturan Penderita Stroke Iskemik: Kajian Psikolinguistik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 18(1), 152–165. https://doi.org/10.25134/fon.v18i1.5533.

Fazita, N. dkk. (2023). Penerapan Media Kartu Tempel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemula Siswa Kelas I SDN Pucangsewu Tahun Pelajaran 2022/2023. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Fitriani, J.dkk. (2022). Analisis Gangguan Berbahasa Psikogenik Latah di Samarinda Ulu Studi Kasus: Psikolinguistik. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 9(2), 145. https://doi.org/10.30595/mtf.v9i2.13735

Helty, H., Izar, J., Afria, R., & Afifah, I. H. (2021). Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada anak laki-Laki dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 84. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3650

Karo, I. D. P. B., Ernanda, E., & Afria, R. (2023). Konstruksi Kalimat Imperatif dalam Bahasa Karo. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(3), 328-334. https://doi.org/10.22437/kalistra.v1i3.23279

Mahsun. (2005). Metode penelitian bahasa: tahap strategi, metode, dan tekniknya. RajaGranfindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=UwC4NwAACAAJ

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. In Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya. http://eprints.unram.ac.id/29724/1/KUM C2. Buku Metode Peneltian Bahasa.pdf

Mufidah, N. I., & Antono, M. N. (2019). Gangguan Berbahasa Tokoh Abang Dalam Film Rectoverso “Malaikat Juga Tahu” (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 27–32. https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6133.Muzaiyanah. (2017). Gangguan Berbahasa. In UIN MALIKI PRESS (Anggota IKAPI).

Ramlan, M. 1789 . Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV Karyono

Rohayati, E. (2018). Buku Psikolinguistik Kajian Teoretik.

Samsuri. 1982. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: Sastra Hudaya

Selian, N., & Rosemary, R. (2024). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?id=G9QTEQAAQBAJ

Senft, G. (1982). Elicitation

Siregar, M. Y., & Mawaddah, A. (2022). Language Disorders in Patients with Blad Blessings. Vernacular: Linguistics, Literature, Communication and Culture Journal, 2(1), 112–117. https://doi.org/10.35447/vernacular.v2i1.572

Subadi, T. (2006). Metode penelitian kualitatif. Muhammadiyah University Press

Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutisnawati, A., dkk. (2024). Pengantar Anak Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Publica Institute Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=G6EfEQAAQBAJ

Tarmini, W., & Sulistyawati, M. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia Hak Cipta © Penulis. 1–138. www.uhamkapress.com

Teguh, M. dkk. (2023). Instrumen Tes dan Non Tes Pada Penelitian. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.

Warni, W., Afria, R., Izar, J., & Harahap, M. (2023). The Stages and Development of First Language Acquisition on Children 1,6 Years Old. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2080-2093. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3310

Wisnu, K. (2023). Kemampuan Morfosintaksis Anak Disabilitas Intelektual: Studi Kasus. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 24–23. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.524

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Putri, Y. E., Kusmana, A., & Putri, A. K. (2024). Gangguan Berbahasa Pada Penyandang Tunagrahita di SLB (Sekolah Luar Biasa) Sri Soedewi Kota Jambi: Kajian Psikolinguistik. Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(1), 117–133. https://doi.org/10.22437/kalistra.v3i1.42353

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.