Analisa Mimetik dan Ekspresif pada Album Musik "Be Life Goes on" milik Bangtan Sonyeondan
DOI:
https://doi.org/10.22437/kalistra.v2i2.23854Kata Kunci:
Mimetik, Ekspresif, Be: life goes on, nilai-nilai pendidikan, pendidikan karakterAbstrak
This study aimed to find out the relation between mimetic and expressive analysis on “BE: LIFE GOES ON†by Bangtan Sonyeondan and the educational implication of these analyses on “BE: LIFE GOES ON†by Bangtan Sonyeondan. The researcher used qualitative research. The researcher used the mimetic and expressive approach in the study. The data collection method was library research in which researchers collected data sources from books, journals, and other supporting sources related to the topic of this research. Therefore, the data of this study appears in the form of words, phrases, and sentences contained in the song lyrics on the album BE: Life Goes on. The researcher found there were meaning and educational values in several poems included in the six songs that had been analyzed. These values are the educational character values promoted by the government to develop virtuous character in the students.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara analisis ekspresif mimetik a nd pada "BE: LIFE GOES ON" oleh Bangtan Sonyeondan  dan implikasi pendidikan dari analisis th ese pada "BE: LIFE GOES ON" oleh Bangtan Sonyeondan. Penelitimenggunakan penelitian kualitatif.  Peneliti menggunakan pendekatan mimetik dan ekspresif dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan dimana peneliti mengumpulkan sumber data dari buku, jurnal, dan sumber pendukung lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Oleh karena itu, data penelitian ini muncul dalam bentuk kata, frasa, dan kalimat yang terdapat dalam lirik lagu pada album BE: Life Goes on. Peneliti menemukan ada makna dan nilai-nilai pendidikan dalam beberapa puisi yang termasuk dalam enam lagu yang telah dianalisis. Nilai-nilai tersebut merupakan nilai-nilai karakter pendidikan yang diusung oleh pemerintah untuk menumbuhkan karakter berbudi luhur pada peserta didik.
Unduhan
Referensi
Abrams, M. H. (1976). The mirror and The lamps: Teori Romantis dan Tradisi Kritis. New York: Oxford University Press.
Arikunto., S. (2014). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.
CDC.gov. (2021, Juli 22). Mengatasi Stres. Diperoleh dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit: https://www.cdc.gov/mentalhealth/stress-coping/cope-with-stress/index.html
Donald., A. (2010). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Delapan ed. Kanada: Pembelajaran Wadsworth Cengage.
Eagleton., T. (2002). Marxisme dan Kritik Sastra (trans. Yogyakarta: Sumbu.
Geddes, & Grosset. (2003). Kamus Universal dan Tesaurus Webster. New Lanark, Skotlandia: Readon Publication Inc.
Kesuma, e. (2012). Pendidikan Karakter Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Kesuma., T. (2007). Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.
Krippendorff., K. (2003). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. California, USA: Sage Publications.
Manajer, M. o. (2017, Juli 17). Penguatan pendidikan karakter menjadi pintu masuk untuk meningkatkan pendidikan nasional. Diperoleh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional
Pradopo. (2008). Jenis Pendekatan Kritik Sastra. Jakarta: Galia Indonesia.
Rachmawati. (2005). Musik sebagai pembentuk karakter. Yogyakarta: Panduan.
Ratna, N. K. (2011). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
S., W., Bondan, S., & Listiono. (Juli 2020). Gangguan kesehatan mental meningkat tajam. Meteran Survei.
Sangadji, E., & Sopiah. (2010). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Siswanto, W. (2013). Pengantar Teori Sastra. Malang: Aditya Media.
Teeuw, A. (2015). Sastra dan Sastra: Pengantar Teori Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.
방탄소년단BE. (2020). Diperoleh dari Genie.co.kr: https://www.genie.co.kr/
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dyah Ayu Sekar Amukti, Sabarun Sabarun, Zaitun Qamariah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kalistra: Kajian Linguistik dan Sastra is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish their manuscripts in Kajian Linguistik dan Sastra agree to the following terms:
1. The copyright in each article belongs to the author.
2. The author acknowledges that Kajian Linguistik dan Sastra reserves the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (Attribution 4.0 International CC BY-SA 4.0).
3. Authors may submit articles separately, arranging for non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., delivery to the author's institutional repository, publication into a book, etc.), acknowledging that the manuscript has been first published in Kajian Linguistik dan Sastra.