PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND LOVE TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PRODUK SANDAL SWALLOW DI KOTA YOGYAKARTA)

Authors

  • Wulan Sekartyasmara Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muinah Fadhilah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Lusia Tria Hatmanti Hutami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.34214

Abstract

ABSTACT

This research aims to determine the influence of brand trust and brand love on brand loyalty with consumer satisfaction as an intervening variable for Swallow sandal products in the city of Yogyakarta. This research used a sample of 100 respondents. The sampling technique used was non-probability sampling with the path analysis method. The data collection technique was carried out using a questionnaire via Google Form which was distributed via WhatsApp. Meanwhile, the data analysis techniques used are descriptive tests, classical assumption tests, model determination tests, path analysis, hypothesis tests and Sobel tests using the SPSS for Windows version 23 application. The results of this research consist of 2 sub-structures. Sub-structure I shows that the brand trust variable has a positive but not significant effect on brand loyalty, the brand love variable has a positive and significant effect on brand loyalty, and the consumer satisfaction variable has a positive and significant effect on brand loyalty. Sub-structure II shows that the brand trust variable has a positive and significant effect on consumer satisfaction, and the brand love variable has a positive and significant effect on consumer satisfaction. Research also shows that the consumer satisfaction variable is able to mediate the relationship between the brand and brand love variables and the brand loyalty variable

Keywords: Brand Trust, Brand Love, Brand Loyalty, Consumer Satisfaction

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust dan brand love terhadap loyalitas merek dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada produk sandal swallow di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probability sampling dengan metode path analysis.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner melalui google form yang dibagikan melalui via whatshaap. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji asumsi klasik, uji ketetapan model, analisis jalur, uji hipotesis dan uji sobel dengan menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian ini terdiri atas 2 sub-struktur. Sub-struktur I menunjukkan bahwa variabel brand trust berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas merek, variabel brand love berpengaruh poitif dan signifikan terhadap loyalitas merek, dan variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. Sub-struktur II menunjukkan bahwa variabel brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, serta variabel brand love berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian juga menunjukkan bahwa variable kepuasan konsumen mampu memediasi hubungan antara variabel brand trus dan brand love ke variabel loyalitas merek

Kata Kunci : Brand Trust, Brand Love, Loyalitas Merek, Kepuasan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Sekartyasmara, W. ., Fadhilah, M. ., & Hutami, L. T. H. . (2024). PENGARUH BRAND TRUST DAN BRAND LOVE TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PRODUK SANDAL SWALLOW DI KOTA YOGYAKARTA). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(04), 1323-1337. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i04.34214

Most read articles by the same author(s)