PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22437/jmk.v13i05.37756Abstract
Perkembangan ekonomi semakin mengarah pada persaingan ketat, khususnya untuk perusahaan dalam memasarkan produknya, menghadapi persaingan yang ketat perusahaan berlomba-lomba untuk memasarkan produk yang dihasilkan dengan cara terus berusaha mengembangkan kreativitas dan inovasi terbaru dari produk yang dihasilkan agar lebih unggul dari pesaing. Perkembangan ekonomi di Indonesia ikut berperan terhadap semakin maraknya industry khususnya industry kosmetik, kini produk kecantikan dan kosmetik telah mengalami banyak perubahan dengan dikeluarkannya inovasi-inovasi mutakhir yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, salah satunya adalah produk kecantikan Wardah yang ditunjang dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui minat beli sebagai variabel mediasi pada produk kecantikan Wardah di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan purposive sampling, sampel didalam penelitian ini berjumlah 110 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan alat analisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, minat beli berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erika Hestiana Octaviawati, Ambar Lukitaningsih, Lusia Tria Hatmanti Hutami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.