Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Materi Teks Persuasi di Kelas VIII SMP

Main Article Content

Kohar Alim Shofyan
Eddy Pahar Harahap
Rasdawita Rasdawita

Abstract

Model belajar berbasis  masalah (Problem Bassed Learning) adalah suatu strategi pengajaran dimana siswa secara aktif dihadapkan pada masalah kompleks dalam situasi nyata, siswa juga belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan hambatan  model pembelajaran berbasis masalah pada teks persuasi di kelas VIII SMP N 47 Muaro Jambi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara dengan instrumen penelitian kuisioner dan alat rekam. Hasil pengamatan peneliti mengacu pada 5 tahapan yang ada dalam model pembelajaran berbasis masalah, yaitu:1) Orientasi peserta didik terhadap masalah. 2) Mengorganisasi peserta didik dalam belajar. 3) Membimbing penyelidikan individu dan kelompok. 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil. 5) Menganalisa dan mengevaluasi hasil.  Simpulan penelitian, melalui model belajar berbasis masalah pola pikir siswa terbentuk agar berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah.


Kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah, teks persuasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shofyan, K. A., Harahap, E. P., & Rasdawita, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Materi Teks Persuasi di Kelas VIII SMP. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 39-48. Retrieved from https://mail.online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/18907
Section
Artikel

References

Ayuningtias, Anissa Indri Ayuningtias A.S, Dinn Wahyudin, Dadang Sukirman. (2022). Pemanfaatan Model Pembelajaran Computer Support Collaborative Learning di Perguruan Tinggi. Inovasi Kurikulum. 19(1), 4.

DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42668

Dhari, Putri Wulan, Heni Anggraini, Mustafa Kamal Nasution. (2022). Peran Guru Kelas dalam Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas Rendah. Ta’dib: Jurnal Pemikiran Pendidikan. 12(1), 44.

E, Kosasih & Kurniawan, Endang,. (2019). Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, Dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran. Bantul: Mata Kata Inspirasi.

Kosasih. (2017). Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Edisi RevisiI. Jakarta: Kemendikbud RI.

Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 6(1), 118–129.

DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.26985

Rohmatulloh, Syamsuri, Hepsi Nindiasari, Abdul Fatah. Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2), 1559.

Trinaldi, A., Afriani, M., Budiyono, H., Rustam, R., & Priyanto, P. (2022). Persepsi Guru terhadap Model PjBL pada Kurikulum Prototipe. Jurnal Basicedu, 6(4), 7408-7417.

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3526

Yasir, M., Suarman, S., & Gusnardi, G. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Siswa dan Motivasi dalam Pembelajaran Kelompok (Cooperative Learning) dan Kaitannya dengan Hasil Belajar Akuntansi di Smklabor Binaan Fkip Unri Pekanbaru. Pekbis (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis), 9(2), 77-90.

Most read articles by the same author(s)