Pengaruh Media Photo Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs di Kabupaten Batanghari

Main Article Content

Muhammad Imam Arifin
Eddy Pahar Harahap
Rahmawati Rahmawati

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan photo story dalam pembelajaran menulis teks prosedur kelas VII MTs Negeri 4 Batang Hari.Penelitian ini mengevaluasi pengaruh penggunaan media photo story dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen (82,67) secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol (72,67). Uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pretest dan posttest pada kedua kelas dengan nilai signifikansi (sig) kurang dari 0,05. menunjukkan bahwa penggunaan media photo story memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis teks prosedur siswa. Implikasi dari penelitian ini menggarisbawahi efektivitas media photo story sebagai alat bantu pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan meningkatkan pemahaman mereka dalam menulis teks prosedur

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arifin, M. I., Harahap, E. P., & Rahmawati, R. (2024). Pengaruh Media Photo Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTs di Kabupaten Batanghari. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1). https://doi.org/10.22437/pena.v14i1.30441
Section
Artikel

References

Anggun, Oleh, dan Tri Suciati. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Photo Story Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Purworejo.”

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik pendidikan: teori dan praktik dalam pendidikan. Medan: Widya Puspita

Alvionita, W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi)

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Audio Visual (Video) di Kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(2), 101-114

Febriyanto, Budi, dan Ari Yanto. 2019. “Media Photo Story Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Proceedings of The ICECRS 2(1): 123–29.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hidayat, Muhamad Fauzi, dan Rizki Yantami Arumsari. 2017. “Perancangan Buku Photo Story.” e-Proceeding of Art & Design 4(3): 596–603.

Kristanto, Andi. 2016. “Media Pembelajaran.” Bintang Sutabaya: 1–129.

Lestari, Sevi. 2022. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4: 1349–58.

Mahsun. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. PT RajaGrafindo Persada.

Maknun, Djohar. (2012). “Evaluasi Keterampilan Laboratorium MahasiswaMenggunakan Asesmen Kegiatan Laboratorium Berbasis Kompetensipada Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)”. Holistik, 13(01), 121-144.

Pendidikan, Fakultas Ilmu, and Universitas Negeri Jakarta. 2017. “pengembangan media photo story pada pembelajaran sosiologi kelas X SMA N 63"

Priyatni, E. T. (2014). Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Rohana & Syamsuddin. (2021). Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Makasar.

Sadiman, dkk. (2013). Media Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta :Kencana Prenada Media Grup.

Sihombing, Tiur Mayasari, and Fitriani Lubis. 2018. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Menggunakan Media Photostory Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018 1(2005): 183–88. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38816.

Singh, Perbindar Kaur Pajan, dan Harwati Hashim. 2020. “Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners.” Creative Education 11(03): 262–74.

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa.Bandung: Angkasa.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Most read articles by the same author(s)