Relevansi Metta Karuna dan Implementasinya dalam Yayasan Buddha Tzu Chi

Authors

  • Syamsul Hadi Untung Universitas Darussalam Gontor
  • Abdullah Muslich Rizal Maulana Universitas Darussalam Gontor
  • Sitti Amalia Musdalifah Universitas Darussalam Gontor
  • Inayatullah Inayatullah Universitas Darussalam Gontor
  • Lu’lu Aniatuzzahro Universitas Darussalam Gontor
  • Nur Azizah Jamilah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.23026

Keywords:

Yayasan Buddha Tzu Chi, Master Cheng Yen, meta, karuna

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prinsip Meta Karuna dan penerapannya di dalam Yayasan Buddha Tzu Chi, sebuah yayasan sosial kemanusiaan yang didirikan oleh Master Cheng Yen di Taiwan yang bergerak dalam banyak aspek sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif untuk sampai pada pertanyaan penelitian yang dimaksud dan menemukan bahwa prinsip cinta kasih universal yang diterapkan di Yayasan Tzu Chi mengasumsikan bahwa Yayasan didirikan untuk semua orang tanpa memandang ras, golongan, kepercayaan, atau agama. Karena Master Cheng Yen menerapkan beberapa filosofi Buddhis dalam ajarannya, juga terlihat bahwa Yayasan Tzu Chi yang disebut sebagai Brahmavihara, terdiri dari empat ajaran penting, dua di antaranya adalah meta dan karuna. Meta adalah ajaran yang mengajarkan setiap manusia untuk memiliki rasa cinta terhadap sesama makhluk ciptaan Tuhan, sedangkan karuna mengajarkan bagaimana berbelas kasih terhadap sesama. Kajian ini menyimpulkan bahwa meskipun Yayasan Tzu Chi tidak mengenal perbedaan antar kepercayaan atau agama, namun beberapa ajaran Buddha masih diterapkan dalam landasannya yang ditinjau secara universal. Meski begitu, ajaran ini ditujukan untuk semua manusia di muka bumi ini.

Kata Kunci: Yayasan Buddha Tzu Chi, Master Cheng Yen, Meta, Karuna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agisti, D. (2018). Doktrin Buddhisme Tentang Kematian dan Pengaruhnya Terhadap Prilaku Sosial Keagamaan Umat Buddha di Vihara Dharma Bhakti. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Angelina, F., Haryono, P. M. B., & Fushen, F. (2022). Pengaruh Kerjasama Tim dan Komitmen Organisasi Terhadap Efektivitas Program Penyaluran Bantuan Sosial yang Dimediasi oleh Perilaku Kewargaan Organisasi Pada Yayasan Buddha Tzu Chi (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng). Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 6(1), Art. 1. https://doi.org/10.52643/marsi.v6i1.1961

Azisi, A. M. (2021). Konsep Kematian Dalam Perspektif Agama Buddha Theravada. Al-Adyan, 16. https://doi.org/10.24042/ajsla.v16i1.8018

Danang Try Purnomo. (2021). Membangun Komunikasi Sikap Toleransi Dalam Mewujudkan Kerukunan Bangsa Melalui Implementasi Brahmavihara. Nivedana : Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 2(1), 76–85. https://doi.org/10.53565/nivedana.v2i1.286

Dianawati, N. K. D. P., Sudharsana, T. I. R., & Pebriyani, N. D. (2022). Metta Karuna: Teachings of Love and Compassion. 2, 20–29.

Handoko, A. L. (2019). Peranan Metta dan Karuna Anak Untuk Bakti Kepada Orang Tua. Journal of Social Science and Digital Marketing (JSSDM), 1(1), 14. https://doi.org/10.47927/jssdm.v1i1.54

Hansun, S. S. (2013). Metta dan Mangala (1 ed.). Vidyasena Production.

Haudi, H., Widya, S. D., & Maitreyawira, S. (2020). Pengaruh Sikap Metta dan Karuna Pada Diri Anak Terhadap Peningkatan Bakti Pada Orang Tua. 9.

Hsiao, H.-Y., Hsu, H.-T., Boudreaux, D., & Ting, A. (2019). Global grassroots green movement driven by Tzu Chi Foundation’s recycling volunteers: A multifaceted model of environmental sustainability with transformative social changes. Dalam Social Work and Sustainability in Asia. Routledge.

Istikhomah, R. I., & Bs, A. W. (2021). Filsafat Sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan Sains. 4.

Khotimah, K. (2018). Menemukan Arti Hidup. Dunia Tzu Chi, 18, 38.

Lee, C. (2020). The Forgotten Bonds: A Coevolutionary Framework on the Diffusion of Tzu Chi in Four Southeast Asian Countries. American Behavioral Scientist, 64(10), 1471–1484. https://doi.org/10.1177/0002764220947776

Lee, C., & Han, L. (2015). Recycling Bodhisattva: The Tzu-Chi movement’s response to global climate change. Social Compass, 62(3), 311–325. https://doi.org/10.1177/0037768615587809

Lee, C., & Han, L. (2020). Becoming INGO: A Case Study on Taiwan’s Tzu-Chi in the United States. Voluntas: International Journal of Voluntary and Nonprofit Organizations, 31(6), 1201–1211. https://doi.org/10.1007/s11266-020-00270-1

Madani, A. S., Tanoto, F. P., & Halwati, N. (2022). Tokoh Filosof Yunani Kuno Serta Pemikirannya Mengenai Asal Mula Penciptaan Alam.

Musly, J., Irianti, D., & Rusmana, A. (2021). Model Bedah Rumah Berbasis Modal Sosial Masyarakat Di Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung. Jurnal Ilmiah Kebijakan dan Pelayanan Pekerjaan Sosial (Biyan), 3(02), Art. 02. https://doi.org/10.31595/biyan.v3i02.441

Novita Sari, D., & Armanto, D. (2022). Matematika Dalam Filsafat Pendidikan. Axiom : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 10(2), 202. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i2.10302

Pangestu, S. B. (2017). Cinta Kasih Universal dalam Perspektif Master Cheng Yen dan Implmetasinya di Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Paralihan, H. (2017). Ide Dan Gagasan Filsafat Humanis Master Cheng Yen. 14.

Ponidjan, N. (2021). Renovasi Gereja HKP Unte Mungkur di Tapanuli Utara Mewujudkan Rumah Ibadah Yang Nyaman. Buletin Tzu Chi, 196.

Purwaningsih, N. M. W., Nerawati, N. G. A. A., & Wariati, N. L. G. (2022). Etika Sosial Buddhisme Dalam Kitab Sutta Pitaka (Kajian Filsafat). Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 13(1), 13–23. https://doi.org/10.25078/sanjiwani.v13i1.998

Santy, J., Wulandari, M., Lianto, T., Willy, & Yuliati. (2015). Menebar Cinta Kasih di Indonesia (4 ed.).

Shin, C. Y. (2021). Buku Saku Kata Perenungan.

Sofiana, M. (2019). Peran Perempuan Dalam Agama Buddha. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Syahrul. (2019). Peran Yayasan Budhha Tzu Chi Terkait Penanggulangan Kemiskinan Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tarigan, M., Yasmin, F. A., Rifai, A., & Yusriani, Y. (2022). Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.4049

Thera, N. (2006). Brahmavihara (1 ed.).

Vandery, I., & Yulistina, Y. (2022, November). Wawancara Langsung [Komunikasi pribadi].

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. 2(2). https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Yulistina, Y. (2022, November 26). Yayasan Buddha Tzu Chi Bandung [Komunikasi pribadi].

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Untung, S. H., Maulana, A. M. R., Musdalifah, S. A., Inayatullah, I., Aniatuzzahro, L., & Jamilah, N. A. . (2022). Relevansi Metta Karuna dan Implementasinya dalam Yayasan Buddha Tzu Chi. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 381-395. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.23026