Fenomenologi dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna
DOI:
https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21211Abstrak
Salah satu tujuan umum pendidikan adalah mengembangkan keterampilan berfikir peserta didik, terutama HOTS (Higher Order Thinking Skills). HOTS perlu dikembangkan pada setiap peserta didik agar peserta didik memiliki kesiapan dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktifitas proses pembelajaran sosiologi yang mampu membantu melatih HOTS peserta didik berdasarkan pengamalan mengajar guru-guru sosiologi SMA. Studi ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan melalui proses observasi non partisipan dan wawancara mendalam. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk aktifitas pembelajaran yang berdasarkan pengalaman mengajar guru dapat meningkatkan keterampilan HOTS peserta didik, yaitu: aktifitas analisis kasus, aktifitas menulis, aktifitas diskusi dan latihan soal-soal berbasis HOTS.
Kata kunci: Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pembelajaran Sosiologi, dan Fenomenologi
Unduhan
Referensi
Ahimsa-Putra, H. S. (2012). Fenomenologi Agama: Pendekatan Fenomenologi untuk Memahami Agama. Walisongo, 20(November 2012), 271–304. https://doi.org/10.21580/ws.20.2.200
Berger, P. L., & Luckmann, T. (2009). Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. LP3ES.
Brouwer, M. A. . (1984). Psikologi Fenomenologis. Gramedia.
Campbell, T. (1994). Tujuh Teori Sosial Sketsa, Penilaian, dan Perbandingan. Kasinius.
de Jesus, M. C. P., Capalbo, C., Merighi, M. A. B., de Oliveira, D. M., Tocantins, F. R., Rodrigues, B. M. R. D., & Ciuffo, L. L. (2013). The social phenomenology of alfred schütz and its contribution for the nursing. Revista da Escola de Enfermagem, 47(3), 736–741. https://doi.org/10.1590/S0080-623420130000300030
Flores, L. (2002). Epoche: Meaning, Object, and Existence in Husserl’s Phenomenology. In Oded Bapaban, University of Haifa, Haifa, Israel.
Hajaroh, M. (2010). Paradigma, Pendekatandan Metode Penelitian Fenomenologi. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 1–21.
Hamid, F. (2018). Pendekatan Fenomenologi (Suatu Ranah Penelitian Kualitatif). In mercubuana.ac.id.
Hasbiansyah, O. (2008). Phenomenological Approaches: Introduction to Research Practices in Social and Communication Sciences [Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi]. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
Mahmudin, A. S. (2021). Pendekatan Fenomenologis dalam Kajian Islam. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(01), 83–92. https://doi.org/10.24127/att.v5i01.1597
Munawar, B., & Rachman. (2013). Fenomenologi Diri dan Konstruksi Sosial Mengenai Kebudayaan : Edmund Husserl dan Jejak-Jejaknya pada Maurice Merleau-Ponty dan Peter Berger. Ilmu Ushuluddin, 1(6), 493–514. https://doi.org/10.15408/ilmu-ushuluddin.v1i6.1026
Muslih, M., Rahman, A., Al Manaanu, Y., & Aziz, M. A. (2021). Pengembangan Ilmu Sosial Model Fenomenologi dan Hermeneutika. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 7(1), 1–13. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/10160
Nindito, S. (2013). Fenomenologi Alfred Schutz: Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 2(1), 79–95. https://doi.org/10.24002/jik.v2i1.254
Novayani, I. (2019). Pendekatan Studi Islam “Pendekatan Fenomenologi Dalam Kajian Islam. At-Tadbir, 3(1), 44–58. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir
Patria, R., & Salamah. (2022). Studi Fenomenologi: Teori Humanistic dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Journal PROFICIENCY Progressive of Cognitive and Ability, 1(1), 1–9. http://journals.eduped.org/index.php/jpr
Putriandini, S., & Irianto, G. (2012). Fenomenologi Konvensional dalam Implementasi Sistem Pengendalian Internal Pada Pembiayaan Musyarakah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(1), 134–154. https://jamal.ub.ac.id/index.php/jamal/article/view/170/382
Supriadi. (2015). Perkembangan Fenomenologi Pada Realitas Sosial Masyarakat Dalam Pandangan Edmund Husserl. Scriptura, 5(2), 52–61. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.52-61
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Gusmira Wita, Irhas Fansuri Mursal
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.