Representasi Perilaku Anak dalam Film Kartun Shinchan, Upin Ipin, dan Omar Hana
Kata Kunci:
Kartun, Aktivitas, Interaksi, Perilaku, MasalahAbstrak
Cartoon films are one of the media that can describe children's daily lives. This can be shown through various activities and behaviors of children shown in several series of cartoon films. Children's lives are closely related to the setting or background of the surrounding social environment. This study describes the representation of children's behavior in the Shinchan, Upin Ipin, and Omar Hana cartoon series. This research uses quantitative content analysis method. The objects studied are scenes in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons. The variables operationalized in this study are children's daily activities, parents' interactions with children, children's behavior, and the problems faced by children described in the three films. most of the children's activities that are often described in the film are playing outside the home. Most of the children's interactions with parents represented in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons are chatting with parents. Most of the children's behavior represented in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons is obedient to parents. Most of the children's problems represented in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons arise because the child's wishes are not fulfilled.
Abstract
Film kartun menjadi salah satu media yang dapat menggambarkan kehidupan anak sehari-hari. Hal ini dapat ditunjukkan melalui berbagai aktivitas dan perilaku anak yang ditampilkan pada beberapa seri film kartun. Kehidupan anak berkaitan erat dengan setting atau latar lingkungan sosial di sekitarnya. Penelitian ini mendeskripsikan representasi perilaku anak dalam serial kartun Shinchan, Upin Ipin, dan Omar Hana. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Objek yang diteliti adalah adegan-adegan dalam film kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana. Variabel yang dioperasionalkan dalam penelitian ini adalah aktivitas keseharian anak, interaksi orang tua dengan anak, perilaku anak, dan masalah yang dihadapi anak yang digambarkan dalam ketiga film tersebut. sebagian besar aktivitas anak yang sering digambarkan dalam film tersebut adalah bermain di luar rumah. Sebagian besar interaksi anak dengan orang tua yang direpresentasikan dalam kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana yaitu mengobrol bersama orang tua. Sebagian besar perilaku anak yang direpresentasikan dalam kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana yaitu patuh kepada orang tua. Sebagian besar masalah anak yang direpresentasikan dalam kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana muncul karena keinginan anak tidak terpenuhi.
Unduhan
Referensi
Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20, diambil dari 10.13140/RG.2.2.12201.08804
Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)â€. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial , 1(2), 74-86. http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842
Datulawa, K. P. (2020). Representasi Kepercayaan Diri Pada Anak (Studi Analisis Isi Pada Film Kartun Doraemon di RCTI). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30210/14321029%20Kurnia%20Putra%20Wima%20Datulawa.pdf?sequence=1
Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2), 80-93. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i2.170
Haq, M. S. (2015). Representasi Kelas Atas pada Film Arisan 1 dan 2. Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, 4(1), 223-235. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-comme07f39974bfull.pdf
Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372, diambil dari https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996
Ishak, D. (2021). Perbedaan Pendidikan Agama di Negara Jepang Dan Negara Indonesia. Jurnal Kelola : Ilmu Sosial, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.54783/jk.v4i1.466
Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 48-68. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.558
Latifah, D., & dkk. (2020). Representasi Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2), 164-169. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23928
Lestari, I., Riana, A. W., & Taftarzani, B. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. 2(2), 204-209. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13280
Murtafiah, S., Martono, N., & Widyastuti, T. R. (2023). Bias Kelas dalam Video Pembelajaran Tv Edukasi Kemendikbud. Jurnal Education and development, 11(1), 168-179. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4315
Muttakhidah, R. I. (2016). Pergeseran Perspektif "Human Mind" John Locke dalam Paragdima Pendidikan Matematika. ADMathEdu, 1(2), 45-58, diambil dari http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4761
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 1-4, diambil dari http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544
Nuryatno, M. A. (2014). Comparing Religius Education In Indonesia In Japan. Al Jamiah: Journal Of Islamic Studies, 52(2), 1-24. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.522.435-458
Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak dengan Perilaku Anak dalam Penggunaan Gadget di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.35790/jkp.v6i2.20646
Pebriandini, N., & Ismet, S. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter Anak dalam Film Kartun Animasi Nussa dan Rarra. Jurnal Edukasi STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, 1(1). 52-59. https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/19
Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih M. D. (2021). Implementasi Penggunaan Teknologi oleh Orang Tua sesuai Pendidikan Karakter Moral Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/67
Rufeidah, A., Saad, S., & Kadir. (2018). Evaluasi Program Televisi Pendidikan "Kartun Anak". Jurnal Sekretari, 5(2), 1-12. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/1577/1283
Saniyyah, L., Setiawan, D., & Aditiaismaya, E. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132-2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.116
Sari, D.R., (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Subtianah, S., & Adawiah, R. (2023). Dampak Karir Orang Tua terhadap Perkembangan Remaja Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Nonformal, 1. https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/94
Sunarto. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya,, 3(2), 192-204. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.668
Warsita, B. (2013). Pemanfaatan Program Siaran Televisi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 17(3), 353-364, https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/567/369
Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29-34, https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888
Wijayanto, T. D., & Purworini, D. (2018). Respon Pemerintah Pada Aksi Damai 411 DAN 212 : Analisis Isi Harian Kompas Edisi November 2016 – Desember 2016. . Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 10(1), 11-24. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/5477
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rinaningsih Rinaningsih, Riyani Lintang Viona, Sri Metaria Permatasari, Anggraitha Widya Cahyaningrum Pamekas, Vidya Lathifa Zahrah, Balqist Maghfira Xielfa, Nanang Martono
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.