Identifikasi Nilai Pedagogis Tarian Lulo untuk Integrasi Bangsa (Study Ethnography Masyarakat di Sulawesi Tenggara)

Penulis

  • Nasir University Muhammadiyah of Kendari
  • Rahmawati M Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.22437/titian.v3i2.8175

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai pedagogis tarian Lulo untuk Integrasi Bangsa. Penelitian dilatar-belakangi oleh fakta bahwa masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai masyarakat yang multikultur. Pluralitas masyarakat membawa dampak positif, dan juga dampak negatif yang berpotensi pada perpecahan dan konflik. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah nilai yang bisa merekatkan keragaman tersebut; nilai yang telah menjadi bagian dari tradisi atau budaya dari masyarakat atau komunitas tertentu. Dengan penggunakan pendekatan ethnography, peneliti melibatkan beberapa pihak sebagai sumber informasi, seperti: tokoh masyarakat, ahli kurkulum, administrator sekolah; kepala sekolah dan guru-guru (partisipan FGD). Selain itu, dokumentasi (foto-foto) dari observasi langsung juga ditampilkan untuk memberikan visual dan untuk mengkonfirmasi data-data dari wawancara. Berdasarkan penelitian, ditemukan jika tarian Lulo merupakan sebuah kesenian masyarakat Tolaki yang melibatkan struktur gerak, perasaan, dan keterampilan. Peneliti menyimpulkan jika tarian lulo memenuhi prinsip-prinsip kurikulum menjadi sebuah input atau materi pembelajaran, karena tarian lulo berisi unsur kegiatan pikir, olah hati, olah rasa, karsa, serta olah raga dan mengandung nilai-nilai positif seperti: persatuan, sikap menghargai dan tunduk/patuh pada norma atau aturan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-05 — Diperbaharui pada 2019-12-05

Versi

Cara Mengutip

Nasir, & M, R. (2019). Identifikasi Nilai Pedagogis Tarian Lulo untuk Integrasi Bangsa (Study Ethnography Masyarakat di Sulawesi Tenggara). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 3(2), 162-178. https://doi.org/10.22437/titian.v3i2.8175

Terbitan

Bagian

Articles