Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2018-12-15. Baca versi terbaru.

ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM IPA TERPADU DI DUA SMP NEGERI KOTA JAMBI

Kata Kunci:

Analisis, hambatan, praktikum, IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hambatan dalam pelaksanaan praktikum IPA terpadu  yang dihadapi guru dan siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi dan SMP negeri 19 Kota Jambi. Jenis penelitian menggunakan pendekatan mixed methods. Populasi penelitian ini adalah guru IPA terpadu dan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi dan SMP Negeri 19 Kota Jambi dengan sampel 133 siswa dan dua orang guru IPA terpadu. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket siswa dan wawancara guru. Data dianalisis secara statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan model miles dan huberman untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelak-sanaan praktikum sebesar 64% dengan kategori baik di SMP Negeri 17 Kota Jambi dan sebesar 66% dengan kategori baik di SMP Negeri 19 Kota Jambi, sehingga dengan hasil tesebut siswa tidak mengalami hambatan dalam pelaksanaan praktikum disekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

work really work? A study of effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14), 1945-1969.
Azhar. 2008. Pendidikan Fisika dan Keterkaitannya dengan Laboratorium. Jurnal Geliga Sains: Volume 1.
Departemen Agama. (2002). Panduan teknis pengelolaan laboratorium kimia. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Depdikbud. 2008. Standar Kompetensi Mata Pelajaran kimia SMA dan MA, Jakarta: Depdikbud
Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitaif. Jakarta: Rajawali Pers.
Ergul, R.,et.al. (2011). The effect of inquiry-basedscienceteaching on elementary school students' science process skill and science attitudes.Bulgarian Journal of Science and Education Policy (BJSEP), 5(1), 48-68.
Juliansyah. 2018. Metodologi Penelitian: Skripsi, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana
Lafenasti, F. 2018. Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.
Lynn, V. C., & Nixon, J. E. (1985). Physical education: teacher education. New York: John Wiley and Sons, Inc.
Sudjana, N. 2002. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Trumper, R. (2002). What do we expect from students’ physics laboratory experiments?Journal of Science Education and Technology, 11(3), 221-228.
Yennita, dkk. 2013. Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekan Baru.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-15

Versi

Cara Mengutip

ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM IPA TERPADU DI DUA SMP NEGERI KOTA JAMBI. (2018). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 41–48. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/5656

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>