Pengembangan Model Diskusi Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Fisika Statistik

Penulis

  • Tugiyo Aminoto Universitas Jambi
  • Rahma Dani Universitas Jambi

Abstrak

Terbatasnya waktu  dan rendahnya partispasi mahasiswa dalam kegiatan berdiskusi  di kelas menyebabkan  tidak optimalnya  proses perkuliahan  khususnya mata kuliah fisika statistik. Di lain pihak, terjadi pesatnya perkembangan teknologi informasi dan media sosial dan terjadinya perubahan paradigma dalam pembelajaran  menjadi pendidikan yang aktif kreatif menyenangkan  memunculkan tantangan sekaligus solusi.  Banyaknya dosen dan mahasiswa yang menggunakan medsos  Whatsapp, media  yang memungkinkan sharing informasi secara online, mudah, cepat dan murah,  menjadi  solusi alternatif bagi tidak optimalnya proses pembelajaran di kelas selama ini. Jadi perlu dilakukan penelitian yang menghasilkan sebuah model  integrasi teknologi  berbasis medsos pada kegiatan diskusi di luar kelas.  Jenis penelitian yang dilakukan berbentuk penelitian pengembangan (research and development). Proses pengembangan media pembelajaran dengan diskusi online menggunakan whatsapp ini mengacu pada model pengembangan Four-D yang meliputi 4 tahapan: definisi (Define), desain (design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dissemination). Luaran yang dihasilkan adalah model diskusi online berbasis whatsapp yang dapat dijadikan acuan bagi para pendidik yang akan memanfaatkan Whatsapp dalam pembelajaran baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

Kata kunci : teknologi informasi, Whatsapp, diskusi online, model integrasi

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-30 — Diperbaharui pada 2018-06-30

Versi

Cara Mengutip

Aminoto, T., & Dani, R. (2018). Pengembangan Model Diskusi Berbasis Whatsapp Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Fisika Statistik. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(01), 24–30. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/5804

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>