PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XE SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI
Kata Kunci:
Kooperatif tipe time token, Hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XE SMAN 3 Muaro Jambi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa dan guru selama kegiatan proses serta tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu, 68,37% menjadi 71,75% pada siklus II dan 74,06% pada siklus III. Hasil belajar siswa pada siklus yaitu, 63,03 untuk siklus I menjadi 70,00 untuk siklus II dan 76,86 untuk siklus III. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di Kelas XE SMA Negeri 3 Muaro Jambi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2019-12-15 (1)
- 2019-12-15 (1)