Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2019-12-15. Baca versi terbaru.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XE SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI

Kata Kunci:

Kooperatif tipe time token, Hasil belajar

Abstrak

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe time token. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XE SMAN 3 Muaro Jambi. Instrument pengumpulan data  menggunakan lembar observasi siswa dan guru selama kegiatan proses serta tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu, 68,37% menjadi 71,75% pada siklus II dan 74,06% pada siklus III.  Hasil belajar siswa  pada siklus yaitu, 63,03 untuk siklus I menjadi 70,00 untuk siklus II dan 76,86  untuk siklus III.  Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di Kelas XE SMA Negeri 3 Muaro Jambi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-15

Versi

Cara Mengutip

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XE SMA NEGERI 3 MUARO JAMBI. (2019). EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 39–47. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/6423

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama