KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Penulis

  • M Hidayat Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Neneng Lestari Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran metakognitif mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUniversitas Jambi. Sampel yang digunakan ialah teknik sampel total sampling dengan jumlah mahasiswa sebanyak 105.Kesadaran metakognitif di ukur menggunakanangket Metacognitive Awareness Inventory (MAI)  dengan delapan indikator kesadaran metakognitif yaitu pengetahuan deklaratif (declarative knowledge), pengetahuan prosedural (procedural knowledge), dan pengetahuan kondisional (condicional knowledge), perencanaan(planing), strategi mengelola informasi (information management strategies), pemahaman terhadap pemantauan (comprehension monitoring), strategi perbaikan (debugging strategies) dan evaluasi(evaluation). Jumlah total item angket sebanyak 52 buah dan data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Indikator yang paling dominan dengan kategori sangat baik adalah pengetahuan prosedural (54,28 %)dan pengetahuan kondisional (73,14%), perencanaan (73,3%), pemahaman terhadap pemantauan (67,61%), strategi perbaikan (77,77%) dan evaluasi (60%).Sementara itu indikator strategi mengelola informasi pada kategori baik 39,04% dan sangat baik 40% dan indikator pengetahuan deklaratif kategori baik sebesar 43,8%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-15 — Diperbaharui pada 2019-12-15

Versi

Cara Mengutip

Hidayat, M., & Lestari, N. (2019). KESADARAN METAKOGNITIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS JAMBI . EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 74–79. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/8123