PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JAMBI PADA PRAKTIK LAPANGAN PERSEKOLAHAN

Penulis

  • M Hidayat Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Rahma Dani Pendidikan Fisika Universitas Jambi
  • Neneng Lestari Pendidikan Fisika Universitas Jambi

Kata Kunci:

Pedagogi, konten, pengetahuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pedagogical content knowledge mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang mengikuti Praktik Lapangan Persekolahan (PLP). Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey. Populasi penelitian ini mahasiswa yang sedang mengikuti PLP sebanyak 85 orang. Jumlah sampel yang digunakan 20% dari populasi. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Pedagogical Content Knowledge mahasiswa berada pada kategori baik. Aspek pedagogical content knowledge terdiri dari subject matter knowledge, instruction representation and strategies, instructional objective and context dan knowledge of student understanding.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abell, S. K. (2008). Twenty Years later remain useful idea? International Journal of Science Education, Vol. 30, No. 10, 13 August 2008, pp. 1405–1416. 3

Abbitt, J.T. 2011. Measuring Technological Pedagogical Content Knowledge in Preservice Teacher Education: A Review of Current Methods and Instruments. Journal of Research on Technology in Education. 43(4): 281-300.

Anwar Yenni, dkk. 2014. Kemampaan Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi Yang Berpengalaman dan yang Belum Berpengalaman. Jurnal Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia. Volume 19 No 1 ISSN 1412-0917

Arnyana, I.B.P. 2007. Pengembangan Profesionalisme Guru Biologi di Era Global. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA. Edisi Khusus XXXX:472-490.

Hariyanti Eni HW. 2016. Profil Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Universitas PGRI Semarang. Jurnal Bioma Vol.5 No.1

Indrawati dan Sutarto (2016) Studi Pedagogical Content Knowledge (Pengetahuan Konten Pedagogik) Mahasiswa Calon Guru Fisika disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan 2016 “Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Dalam Membangun Intelektual Bangsa Dan Menjaga Budaya Nasional Di Era Meaâ€21 Mei Issn : 2527 –5917, Vol.1

Kastutik Anita Windy dan Hariyatmi. 2017. Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek II. ISSN 2527-533X

Laoli Yarni dan Bunawan Wawan. 2017. Implementasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Medan. Jurnal Infapi Vol. 5 No. 4 e-ISSN 2549-8258

Leung, F., and K. Park. 2002. Competent Students, Competent Teachers? International Journals of Educational Research. 37(2): 113129

Margiyono Iis dan Mampouw Helti Lygia. 2011. Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional. Internationa Seminar and the Fourth National Cinference on Mathematics Education. Departement of Mathematics Education. Yogyakarta State University : Yogyakarta ISSN 978-979-16353-7-0

Mukhtar, dkk, (2001). Mengukir Prestasi Panduan Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Misaka Galiza.

Purwaningsih, Endang (2015) Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa Smp. Indonesian Journal of Applied Physics (2015) Vol.5 No.1 hal.9

Resbiantoro Gaguk. 2013. Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Terhadap Buku Guru Sd Kurikulum 2013. STKIP PGRI Tulungagung. Jurnal Scholaria Vol. 6 No. 3

Syh-Jong Jang*, Shih-Ying Guana, Hsing-Fen Hsieha (2009). World Conference on Educational Sciences 2009 Developing an instrument for assessing college students’ perceptions of teachers’ pedagogical content knowledge aGraduate School of Education, Chung Yuan Christian University, No. 200, Chungpei Rd., Chungli City, Taoyuan County 320, Taiwan

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukadi Eti, dkk. 2015. Implementasi Pedagogical Content Knowledge pada Materi Listrik Dinamis untuk Meningkatkan Kompetensi Calon Guru Fisika. Universitas Senelas Maret. Jurnal Inkuiri. ISSN 2252-7893, Vol 4, No. 1

Shulman. 1986. Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Research. 15(2): 4-14

Shulman, L.S. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard

Educational Review, 57, 1–22.

Widoyoko, E P. 2016. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Unduhan

Diterbitkan

— Diperbaharui pada 2020-06-30

Cara Mengutip

Hidayat, M., Dani, R., & Lestari, N. (2020). PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS JAMBI PADA PRAKTIK LAPANGAN PERSEKOLAHAN. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(01), 23–31. Diambil dari https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/9497

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>