This is an outdated version published on 2018-12-03. Read the most recent version.

Development of Electronic Learning Media Based 3D Pageflip on Subject Matter of Photosynthetis in Plant Physiology Course

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.5858

Keywords:

electronic media, 3D pageflip, photosynthesis, plant physiology

Abstract

The aim of this research is to develop the electronic learning media on the subject matter Plant Physiology based 3D pageflip. The 3 D Pageflip is the software that can display the learning material, like: power point, text, pictures, photos, animation, student’s worksheet and videos are integrated in one packaging. This research was designed in ADDIE’s model which have five steps, namely: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. This media was validated by design expert and content expert. The qualitative data from expert suggession used to revise this media, while the qualitative data got from the student’s response to this media. This media was validated by design expert  twice and got the last score about 44 (91.67%) with very good criteria. Then, the media also validated by content expert and obtanied the score about 36 (80%) with very good criteria. After validated, the electronic learning media trial to the biology student for the small group test with 9 students as a repondent and obtained the score about 48.87 with very good criteria, while the big group trial test with 15 student as a respondent,  got the score about 49.87 with very good criteria. In conclussion, this electronic learning media on subject matter Photosynthesis for Plant Physiology course  is very good to use in classroom and also individually.

                                                                                                             

Keywords: electronic media, 3D pageflip, photosynthesis, plant physiology

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran elektronik berbasis 3D Pageflip pada materi fotosintesis mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. 3D pageflip ini merupakan software yang dapat menyajikan perangkat pembelajaran seperti: PPT, teks, gambar, foto, LKPD, lagu, animasi, dan video  yang terintegrasi dalam satu paket. Media ini dirancang dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yaitu: Analisis, Desain, Develop, Implementasi, dan Evaluasi. Media elektronik ini divalidasi oleh ahli desain media dan ahli. Data kualitatif berupa saran diperoleh dari ahli desain dan ahli materi digunakan untuk merevisi media. Setelah media dinyatakan layak maka dilanjutkan dengan uji kelompok kecil dan besar untuk melihat repons mahasiswa biologi. Validasi desain media elektrnoik berbasis 3D pageflip dilakukan sebanyak 2 kali dan diperoleh skor akhir sebesar  44 (91.67%) dengan kriteria sangat baik. Kemudian media divalidasi oleh ahli materi juga sebanyak 2 kali dan diperoleh skor akhir sebesar 36 (80%) dengan kriteria sangat baik. Hasil ujicoba kelompok kecil dengan 9 orang mahasiswa pendidikan biologi sebagai responden dan diperoleh skor sebesar  48.87 dengan kriteria sangat baik/sangat setuju. Selanjutnya hasil ujicoba kelompok besar dengan jumlah mahasiswa sebanyak 15 orang diperoleh skor sebesar 49.87 dengan kriteria juga sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran elektronik berbasis 3D pageflip pada materi fotosintesis mata kuliah Fisiologi Tumbuhan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas maupun secara individu.

 

Kata kunci: media elektronik, 3D pageflip, fisiologi tumbuhan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Campbell. (2014). Biologi tenth edition jilid I. New York: Pearson Education..

Harlis & Budiarti, R.S. (2017). Pengembangan bahan ajar praktikum dan instrumen penilaian berbasis keterampilan proses sains pada mata kuliah mikologi program studi pendidikan biologi universitas jambi. Jurnal BIODIK. 3 (2), 102-112.

Hayati, S., Budi, A. S. dan Handuko. E. (2015). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 49-54.

Imaduddin. (2015). Pengembangan LKPD digital berbasis saintifik approach pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII SMP. Skripsi Universitas Jambi

Rasiman & Pramasdyahsari, A.S., (2014). Pengembangan pembelajaran matematika media e-comic berbasis flipbook maker untuk meningkatkan keterampilan berpikir kristis dan karakter siswa SMP. Internasional Journal of Pendidikan dan Penelitian, 2(11), 535-544.

Sadikin, A. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mata kuliah Dasar - Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Jurnal BIODIK, 3(2), 74-82.

Sadikin, A. (2018). Penerapan jurnal belajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Dasar - Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. Bioeducation Journal, 2(1), 70-75.

Salisbury, F.B., & Cleon W. Ross, (1995). Fisiologi tumbuhan jilid 3. Terjemahan Diah R. Lukman dan Sumaryono, Bandung: ITB.

Wijayanto & Zuhri, M.S. (2015). Pengembangan e-modul berbasis flip book maker dengan model project based learning untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika. http://prosiding.upgrismg.ac.id.

Lee, W. & Owens, D, L. (2004). Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United States of America: John Wiley & Sonc, Inc..

Zaharah, Yelianti. U & Asra. R. (2017). pengembangan modul elektronik dengan pendekatan saintifik materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas VIII. Edusains 6 (1), 26-34..

Downloads

Published

2018-12-03

Versions

How to Cite

Development of Electronic Learning Media Based 3D Pageflip on Subject Matter of Photosynthetis in Plant Physiology Course. (2018). BIODIK, 4(2), 121-134. https://doi.org/10.22437/bio.v4i2.5858

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>