pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar kimia kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru

Penulis

  • Ayu Rahmawati Universitas Riau
  • Lenny Anwar Faculty of Teacher Training and Education, Chemistry Education, Riau University, Pekanbaru-28293 (Riau, Indonesia)
  • Rasmiwetti Faculty of Teacher Training and Education, Chemistry Education, Riau University, Pekanbaru-28293 (Riau, Indonesia)
  • Yesi Nursofia College of Pharmacy, Taipe Medical University, No. 291, New Taipei City 23561, Taiwan

DOI:

https://doi.org/10.22437/chp.v8i1.32867

Kata Kunci:

Learning Achievement,, Learning Independence, Self-Eddicacy

Abstrak

Efikasi diri dan kemandirian belajar merupakan salah satu faktor penting pada meningkatkan prestasi belajar kimia dan faktor-faktor tersebut harus dikuasi oleh peserta didik. Angket efikasi diri dan kemandirian belajar setelah validasi menjadi 21 butir pernyataan. Angket tersebut dibagikan kepada seluruh sampel sebanyak 119 peserta didik yang dibagi menjadi 5 kelas di SMAN 15 Pekanbaru. hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri secara parsial terhadap prestasi belajar kimia, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri dan kemandirian belajar secara simultan terhadap prestasi belajar kimia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lenny Anwar, Faculty of Teacher Training and Education, Chemistry Education, Riau University, Pekanbaru-28293 (Riau, Indonesia)

Faculty of Teacher Training and Education, Chemistry Education, Riau University, Pekanbaru-28293 (Riau, Indonesia)

Rasmiwetti, Faculty of Teacher Training and Education, Chemistry Education, Riau University, Pekanbaru-28293 (Riau, Indonesia)

Faculty of Teacher Training and Education, Chemistry Education, Riau University, Pekanbaru-28293, Indonesia

Yesi Nursofia, College of Pharmacy, Taipe Medical University, No. 291, New Taipei City 23561, Taiwan

College of Pharmacy, Taipe Medical University, No. 291, New Taipei City 23561, Taiwan

Referensi

Safri, H. Ali, and K. I. Rosadi, “Literatur Review Keberhasilan Pendidikan: Berfikir Sistem, Potensi Eksternal dan Kurikulum,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 5, pp. 497–504, 2022.

S. Baro`ah, “Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan,” J. tawadhu, vol. 4, no. 1, pp. 1063–1073, 2020.

N. Agustyaningrum and S. Suryantini, “Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Batam,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, 2016.

N. Mukasari, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Kimia Materi Hidrokarbon Melalui Model Discovey Learning Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 2 Kuta,” J. Inov. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 3, no. 1, pp. 35–41, 2023.

A. Bandura, Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company, 1997.

Minarti, “Efikasi Diri Guru (Studi di Kabupaten Sidenreng Rappang - Sulawesi Selatan),” Poros Onim J. Sos. Keagamaan, vol. 1, no. 2, pp. 121–130, 2020.

S. Nurfadilah and D. L. Hakim, “Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika,” Pros. Sesiomadika, vol. 2, no. 1e, pp. 1214–1223, 2019.

S. Aisah, D. Kurniasih, and Fitriani, “Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang,” Ar-Razi J. Ilm., vol. 6, no. 2, pp. 76–86, 2018.

W. O. C. Chairunnisa, Murtihapsari, and C. N. Larasati, “Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA,” J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 5, no. 2, pp. 75–82, 2021.

I. Safitri, B. Yolida, and A. Surbakti, “Hubungan Self-Efficacy Berdasarkan Gender Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA,” J. Bioterdidik, vol. 7, no. 3, 2019.

F. Fauzan, M. Fathurrohman, and Syamsuri, “Perbedaan Persepsi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring Ditinjau dari Gender,” J. Penelit. dan Pengajaran Mat., vol. 2, no. 2, pp. 136–151, 2020.

D. P. Sari, N. I. Meifiani, and Suryatin, “Pengaruh Gender terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mi Al-Huda Ploso Tahun Pelajaran 2019/2020,” STKIP PGRI Pacitan, pp. 1–7, 2020.

D. K. Pramesta and D. K. Dewi, “Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik pada Siswa di SMA X,” Character J. Penelit. Psikol., vol. 8, no. 7, 2021.

S. U. Nurhasanah, “Pengaruh Efikasi Diri dan Sarana Prasarana terhadap Hasil Belajar pada Siswa SMK Negeri 44 Jakarta.,” Universitas Negeri Jakarta, 2018.

M. Widianti, M. Nursolihah, and Nasaruddin, “Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas XI SMA di Kota Depok Jawa Barat,” Literasi, J. Ilm. Pend. Bahasa, Sastra Indones. dan Drh., vol. 10, no. 1, pp. 42–53, 2020.

A. Wirayat, J. H. Matsum, and Okianna, “Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 4, no. 8, pp. 1–12, 2015.

S. Julaecha and A. Baist, “Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII pada Pelajaran Matematika,” J. Anal., vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2019, doi: 10.15575/ja.v5i2.4752.

S. A. Rachman, R. F. Mustofa, and D. Diella, “Hubungan Self-efficacy dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel,” Bio-Edu J. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 1, pp. 51–60, 2022.

A. Kurniawati, P. Pardjono, F. Mutohhari, S. Nurhaji, S. Purnomo. Improving Self Efficacy and Learning Motivation Through Hybrid Learning Based Google Classroom, Jurnal Pendidikan Indonesia., Vol.11, No.3, pp. 501-521, 2022.

F. Solikhin, A. Wijanarko. Profile of Students' Self-Efficacy in Using Chemdroid Media in Thermochemistry Learning, Journal of Educational Chemistry., Vol.2, No.2, pp. 135-142, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Rahmawati, A., Anwar, L. ., Rasmiwetti, R., & Nursofia, Y. (2024). pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar peserta didik terhadap prestasi belajar kimia kelas X SMA Negeri 15 Pekanbaru. Chempublish Journal, 8(1), 42-50. https://doi.org/10.22437/chp.v8i1.32867