Penanaman Konsep Bilangan Desimal dengan Menggunakan Kalkulator pada Siswa Kelas IV SD Negeri No. 7 Ngulak
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.190Abstract
Abstrak
Artikel ini mendeskripsikan penanaman konsep bilangan desimal dengan menggunakan kalkulator pada siswa Kelas IV SD Negeri No. 7 Ngulak.. Penanaman konsep bilangan desimal dengan menggunakan kalkulator dalam penelitian ini hanya untuk menanamkan konsep bilangan desimal sehingga dengan penggunaan kalkulator dalam pembelajaran diharapkan siswa benar-benar yakin dengan konsep yang ditemukan dan siswa benar-benar mengerti arti atau makna bilangan desimal. Sedangkan dalam mengerjakan soal-soal siswa tidak diperkenankan menggunakan kalkulator. Hasil penelitian menunjukkan kalkulator dapat memudahkan siswa menemukan pola bilangan pecahan yang penyebutnya 10, 100, dan 1000 menjadi bilangan desimal, dan sebaliknya, mengerti konsep lambang bilangan berbeda apabila dikalikan atau dibagikan bilangan yang sama menghasilkan bilangan yang sama, dan konsep kesamaan dan ketaksamaan bilangan decimal.
Kata Kunci: Penanaman Konsep, bilangan desimal, kalkulator.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2011-04-15 (1)
- 2011-04-15 (1)