Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758Keywords:
peran guru, prestasi belajarAbstract
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan peran guru dalam proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 34/I Teratai, yang berlokasi di jalan gajah mada Kel. Teratai Muara Bulian berjumlah 27 orang siswa dengan total sampel 27 orang siswa. Adapun waktu penelitian dilaksanakan selama 2 minggu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan peran guru dalam proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 34/1 Teratai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Degeng. 1989. Psikologi pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara
Dimyati. 2009. Prinsip Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditima
Djalal. 1986. Peran Guru dalam pembelajaran. Diakses tanggal 21 Juli 2014. http//profesi_kependidikan.co//id
Djamarah.1994.http://endonesa.wordpress.com/ajaranpembelajaran/pembelajaran-bahasa-indonesia/
Din, Wahyudin, Supriadi. 2007., Pengantar Pendidikan. Penerbit Universitas Terbuka.
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta. GP Press Group.
Gerungan. 1996. Psikologi social. Eresco Bandung. Sumber: http://www.perkuliahan.com. Diakses 5 Maret 2014
Glistrap Dkk. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarat. Bumi Aksara. Diakses tanggal 5 Maret 2014 http://www.perkuliahan.com.
Hamalik, Oemar. 2011. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo
Hamzah B. Uno. 2007. Propesi Kependidikan. Problema, solusi, dan reformasi Pendidikan di Indonesia.Jakarta. Bumi Aksara.
Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil belajar. Surakarata. Pustaka Pelajar
Purnowati Riris. 2011. Pengaruh peran guru dalam belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Silalahi, Ulber. 2009. Metode penelitian sosial. Bandung: refika Aditama
Sugiyono. 2012. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suparlan. M. 2008. Piskologi Pendidikan. Diakses tanggal 25 Januari 2014. http/blogspot.pendidikan.co.id
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-26 (1)
- 2018-12-26 (1)