Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Case Method: Studi Kasus pada Mata Kuliah Hukum Perdata
DOI:
https://doi.org/10.22437/jphk.v1i1.38949Keywords:
Kemampuan Kolaboratif, Case Metode, Hukum Perdata.Abstract
Penelitian hibah pembelajaran kali ini meneliti tentang peningkatan kemampuan kolaboratif mahasiswa dalam pemecahan masalah dengan penerapan case metode pada mata kuliah hukum perdata difakultas hukum Universitas Jambi, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana yang akan menjadi subyek penelitian yang akan diteliti adalah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan hukum perdata terutama kelas C. Penelitian ini bertujuan bahwa dari hasil penelitian ini akan ditemukan inovasi dalam pembelajaran terutama dalam pengembangan, peningkatan gaya pengajaran, dari perencanaan sampai pelaksanaan proses pembelajaran, dari penelitian ini juga bertujuan mencari cara bagaimana meningkatkan kolaborasi dan partisipasi mahasiswa dalam memecahkan kasus yang diberikan. Pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan lebih fokus pada proses pembelajaran dan dimensi kuantitatif. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan case method ini akan dilakukan pada perkuliahan Hukum perdata genap 2023/2024 dan disesuaikan dengan jadwal perkuliahan di kelas C mata kuliah hukum perdata. Dari penelitian yang dilakukan tim peneliti melihat peningkatan kolaboratif mahasiswa dalam perkuliahan terutama dalam partisipasi mereka dikelas.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lili Naili Hidayah, Muskibah, Yetniwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All writings published in this journal are the personal views of the authors and do not represent the views of this journal and the author's affiliated institutions. Author(s) retain copyrights, and this work is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License) (CC.BY.4.0).