Analisis Dimensi Teks Model Van Dijk pada Pemberitaan Visi-Misi Capres-Cawapres Pemilu 2024 dalam Situs Berita Tempo.co

Penulis

  • Anggi Prismawasari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/kalistra.v3i2.42833

Kata Kunci:

analisis, dimensi, pemberitaan

Abstrak

The implementation of direct elections presents a problem where the people as constituents have the authority to determine their choices. In this research, the discussion focuses on the text dimension of syntactic microstructure only. This research is a study with Teun A. van Dijk’s critical discourse analysis approach that focuses on the text dimension. Meanwhile, this type of research is qualitative research. The visions and missions of the presidential and vice-presidential candidates for the 2024 elections on the Tempo.co news site show a syntactic pattern, all of which use deductive sentence forms in presenting the news. Followed by not all news shows coherence. Critical discourse analysis of van Dijk’s model which focuses on the text dimension of syntactic aspects in the news plays an important role in directing the reader’s interpretation of the news content.

Abstrak

Penyelenggaraan pemilihan langsung menghadirkan persoalan di mana rakyat sebagai konstituen memiliki otoritas untuk menentukan pilihan mereka. Pada penelitian ini yang dibahas fokus pada dimensi teks struktur mikro sintaksis saja. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan analisis wacana kritis Teun A. van Dijk yang berfokus pada dimensi teks. Sementara itu jenis penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif. Visi-misi capres-cawapres pemilu 2024 di situs berita Tempo.co menunjukkan pola sintaksis yang keseluruhannya menggunakan bentuk kalimat deduktif dalam menyajikan berita. Dilanjutkan dengan tidak semua berita menunjukkan koherensi. Analisis wacana kritis model van Dijk yang difokuskan pada dimensi teks aspek sintaksis dalam pemberitaan memainkan peran penting dalam mengarahkan interpretasi pembaca terhadap isi berita.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azwar, S. (2004). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Maulina, P. (2019). Analisis Kebijakan Perusahaan “Tempo Media Group” dalam Menghadapi Era Kemajuan Teknologi Informasi dan Konvergensi Media. Jurnal Public Policy, 4(2), 81–89.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.

Mukhlis, M., Masjid, A. Al, Widyanimgrum, H. K., Komariah, K., & Sumarlam. (2020). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. van Dijk pada Surat Kabar Online dengan Tajuk Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi Covid-19. GERAM (GERAKAN AKTIF MENULIS), 8(2), 73–85.

Mukhroman, I., Ahmad, I., & Gumelar, R. G. (2024). Pembentukan Opini Publik pada Pemilihan Umum 2024 (Studi Kasus Opini Publik - Survey Elektabilitas Capres-Cawapres 2024 Pasca Debat Pertama). Jurnal Syntax Idea, 6(6), 2471–2482.

Reliubun, I., & Amirullah. (2023). Tiga Poin Visi Misi Pasangan Anies-Cak Imin di Pemilu 2024. Tempo.co. https://nasional.tempo.co/read/1785885/tiga-poin-visi-misi-pasangan-anies-cak-imin-di-pemilu-2024

Silalahi, A. D. (2020). Aktualisasi Yuridis Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia melalui Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Jurnal Jurisprudentie, 7(2), 185–204.

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Prismawasari, A. (2024). Analisis Dimensi Teks Model Van Dijk pada Pemberitaan Visi-Misi Capres-Cawapres Pemilu 2024 dalam Situs Berita Tempo.co. Kajian Linguistik Dan Sastra, 3(2), 305–313. https://doi.org/10.22437/kalistra.v3i2.42833

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.