Peran Media Sosial Instagram @kemenkes_ri dalam Mitigasi Bencana COVID-19 di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22437/titian.v8i2.37737Keywords:
Pandemic, Covid-19, Social Media, InstagramAbstract
The COVID-19 pandemic is defined as the global spread of the SARS-CoV-2 virus, which causes the disease COVID-19, transmitted from person to person through respiratory droplets. COVID-19 is considered a non-natural disaster due to its widespread impact on public health, the economy, and social life. During the COVID-19 pandemic, social media activity saw a significant increase. The use of social media in the context of the pandemic not only served to disseminate information but also played a role in raising awareness and fostering community participation in COVID-19 mitigation efforts. In these efforts, the Instagram account @kemenkes_ri became an important channel for conveying government messages to the public. This study employs a qualitative descriptive method. Data collection techniques include literature review, observation, and interviews to analyze in depth the role of social media, particularly the @kemenkes_ri Instagram account, in disaster mitigation efforts during COVID-19 in Indonesia. The findings indicate that the use of social media can enhance the effectiveness of health communication in crisis situations. The success of the @kemenkes_ri Instagram account as a trusted source of information demonstrates the significant potential of social media in supporting public communication, especially amid the challenges faced by society.
Abstrak
Pandemi COVID-19 didefinisikan sebagai penyebaran virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 secara global, di mana virus ini menular dari manusia ke manusia melalui droplet pernapasan. COVID-19 dianggap sebagai sebuah bencana non-alam, karena dampak luas yang ditimbulkannya terhadap kesehatan masyarakat, ekonomi, dan kehidupan sosial. Selama pandemi COVID-19, aktivitas media sosial mengalami peningkatan yang signifikan. penggunaan media sosial dalam konteks pandemi tidak hanya berfungsi untuk menyebarkan informasi, tetapi juga berperan dalam membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam upaya mitigasi COVID-19. Dalam upaya mitigasi COVID-19, akun Instagram @kemenkes_ri menjadi salah satu saluran yang memiliki peran penting untuk menyampaikan pesan dari pemerintah ke publik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan, observasi, dan wawancara untuk menganalisis secara dalam mengenai peran media sosial, khususnya akun Instagram @kemenkes_ri, dalam upaya mitigasi bencana COVID-19 di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat meningkatkan efektivitas komunikasi kesehatan dalam situasi krisis. Keberhasilan akun Instagram @kemenkes_ri sebagai sumber informasi terpercaya menunjukkan potensi besar dari media sosial dalam mendukung komunikasi publik, terutama di tengah tantangan yang dihadapi oleh masyarakat.
Downloads
References
Ajinegoro, D. O., & Kurniawan, K. (2023). Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Penyebaran Informasi Covid-19 oleh Diskominfo Kota Kupang Provinsi NTT. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 3(1), 56-68.
Ardiansyah, M., & Rahman, F. (2021). "Misinformation on Social Media During COVID-19 Pandemic in Indonesia." Jurnal Komunikasi, 13(3), 215-228.
Arissaputra, S., & Winduwati, S. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Publik Terkait dengan Penanggulangan COVID-19 (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram@ ikpdinaskominfobabel). Kiwari, 1(1), 209-218.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Bennett, S. E., & Segerberg, A. (2013). "The logic of connective action: Digital media and the personalization of contentious politics." Information, Communication & Society, 16(1), 1-28.
Boulianne, S. (2020). "The COVID-19 Pandemic: A New Opportunity for Social Media Research." Canadian Journal of Political Science, 53(2), 245-250.
Chapin III, F. S. (2011). "Mitigation and Adaptation Strategies for Global Change."
Darmawan, L. (2021). Instagram Sebagai Ruang Komunikasi Virtual Antara Pemimpin Daerah Dengan Publik Pada Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 17(1).
Dharma, A. A. S., & Kasim, A. (2021). Infodemi Covid-19 dalam Perspektif Open Government: Sebuah Tinjauan Literatur. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 105-125.
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp ditengah pandemi covid-19 dikalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 41-57.
Goeritman, H. I. N. (2021). Komunikasi Krisis Pemerintah Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 melalui Media Sosial (Crisis Communication of Indonesia Government During Pandemic Covid-19 using SocialMedia). Jurnal Iptekkom Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 23(1), 1-19.
Gritsch, S., Batchelor, T. T., & Gonzalez Castro, L. N. (2022). Diagnostic, therapeutic, and prognostic implications of the 2021 World Health Organization classification of tumors of the central nervous system. Cancer, 128(1), 47-58.
Makmun, I., & Isnaini, M. (2023). Pola Komunikasi Visual Lembaga Pemerintah dalam penanganan pandemi covid 19: kajian arketipe dan kepribadian merek. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 9(02), 261-281.
Norris, F. H., & Kaniasty, K. (1996). "Psychosocial factors in resilience to natural disasters: A review of the literature." Psychological Bulletin, 118(3), 379-397
Nordin, A., & Lada, S. (2020). Faktor Penerimaan Media Sosial Dalam Pemasaran Di Kalangan Industri Kecil Dan Sederhana (IKS) Di Labuan: Social Media Acceptance Factor in Marketing Among Small Medium Enterprises (SME) In LABUAN. Journal of the Asian Academy of Applied Business (JAAAB), 6, 59-59.
Nahar, L. (2020). Komunikasi krisis pemerintah Indonesia menghadapi pandemi COVID-19. 1(5), 553-566.
Pulido, C. M., Villarejo-Carballido, B., Redondo-Sama, G., & Gómez, A. (2020). COVID-19 infodemic: More retweets for science-based information on coronavirus than for false information. International sociology, 35(4), 377-392.
Saputri, C. D., Lestari, P., & Sosiawan, E. A. (2021). Audit komunikasi media sosial di masa krisis COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 19-41.
Surbakti, S. D. O., & Laksana, I. B. (2021). Strategi Komunikasi Risiko Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 Melalui Media Sosial. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(2), 217-1228.
Supriyadi, A. (2021). "Social Media and Public Awareness: The Case of COVID-19 in Indonesia." Indonesian Journal of Health Policy and Administration, 5(1), 1-12
Yogantari, M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021, April). Konten Visual Instagram Sebagai Media Diseminasi Publik Tentang Covid-19. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 4, pp. 101-107).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Falyabernadeth Parasdiati A. P , Livinda Putri Darman , Marsha Clarisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.