This is an outdated version published on 2020-06-13. Read the most recent version.

Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee pada Materi Struktur Darah

(Laboratory Activity Design: Diagram Vee Approach on Blood Structure Lesson)

Authors

  • Sofi Rahmania Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997

Abstract

It is certain that the Industrial Revolution 5.0 has entered the world of education, so this Industrial Revolution 5.0 is a challenge for the quality of education in Indonesia. One way to improve the quality of education is practicum activities using Laboratory Activity Designs (LAD) that are in accordance with the demands of the curriculum. This study aims to provide an overview of the quality of blood structure LAD in high school and reconstruct it to improve strudents’understanding. This research is a descriptive study and the subject of this research is blood structure LAD. The sampling technique that used is purposive sampling with a total sample of 6 LAD, consisting of 2 LAD from 2006 curriculum or KTSP, 2 LAD from 2013 curriculum, and 2 LAD from 2013 revised 2016 curriculum. The instruments that used are relevance analysis instruments, competency analysis and practical analysis, and knowledge construction analysis. The findings showed that the blood structure LAD was not good yet because there were still problems with competence, practice and knowledge construction. The solution to this problem is to improve the existing LAD and consider it based on the relevant aspects of competency, practicality and knowledge construction.

Abstrak. Revolusi Industri 5.0 dapat dipastikan telah memasuki dunia pendidikan, maka revolusi indeustri ke-5 ini menjadi tantangan bagi kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan kegiatan praktikum menggunakan Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kualitas DKL struktur darah dan mereonstruksinya guna meningkatkan pemahaman peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan subjek penelitian ini adalah DKL struktur darah. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan total sampel sebanyak 6 DKL, terdiri dari 2 DKL kurikulum 2006 atau KTSP, 2 DKL kurikulum 2013 dan 2 DKL kurikulum 2013 revisi 2016. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen analisis relevansi, analisis kompetensi dan analisis praktikal serta analisis konstruksi pengetahuan. Hasil temuan menunjukkan DKL struktur darah belum baik karena masih terdapat masalah pada aspek kompetensi, praktikal dan konstruksi pengetahuan. Solusi untuk permasalahan ini adalah memperbaiki DKL yang ada dengan pertimbangan aspek relevansi, kompetensi, praktikal dan konstruksi pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, N. S. M., Saefudin, Suptriatno, B., & Anggraeni, S. (2016). Penerapan Diagram Vee dalam Model Pembelajaran Inquiry Lab dan Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kuantitatif Siswa Kelas VII pada Materi Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 13(1).

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bertin, J. (1983). Semiology of Graphic. Wincounsin: University of Wincounsin Press.

Creswell, J. W. (2016). Research Design (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dlamini, A. . (2008). Teaching of Scientific Invertigetions by Life and Natural Science Educators in Bushbuckridge. Thesis of Master Natural Science Education University of Soth Africa.

Fitriyaningsih, M. N. (2016). Perbandingan Preparat Apus Darah Hewan Berhemoglobin Dan Non Hemoglobin Sebagai Sumber Belajar Biologi. University of Muhammadiyah Malang.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. San Francisco.

Gratia, M.L. (2011). Analisis Penerapan Metakognitif Pada Desain Kegiatan Laboratorium Respirasi Serangga di SMA Menggunakan Diagram Vee. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan

Hamidah, A., Sari, E. N., & Budianingsih, R. S. (2014). Persepsi Siswa tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1).

Irnaningtyas. (2017). Biologi SMA / MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Novak, J. ., & Gowin, D. . (1985). Learning How to Learn. Cambridge: Cambridge University Press.

Prasetiwi, H., & Lbn Gaol, A. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan LKS Dan Yang Melaksanakan Praktikum Pada Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMAN 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan, 3(4), 98–108.

Prima, E. (2019). Mengenal Visi Jepang Society 5.0. Integrasi Ruang Maya dan Fisik. Retrieved from Tekno Tempo

Puspita, Y., dkk (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana. Palembang: Universitas PGRI Palembang

Santoso, K.A. (2019). Pendidikan Untuk Menyambut Society 5.0. Retrieved from Tekno Tempo

Supriatno, B. (2009). Uji Langkah Kerja Laboratorium Sekolah. Proseding Seminar Nasional Biologi: Inovasi dan Pendidikan Biologi dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, 255-261.

Supriatno, B. (2013). Pengembangan Program Perkuliahan Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah Berbasis ANCORB untuk Mengembangkan Kemampuan Merancang dan Mengembangkan Desain Kegiatan Laboratorium. Disertasi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI: Tidak diterbitkan.

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Indonesian Journal of Biology Education, 1(2).

Widodo, A. & Ramdhaningsih, V. (2006). Analisis kegiatan praktikum biologi dengan menggunakan video. Metalogika. 9(2), 146-158.

Winkel, W. . (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Published

2021-06-13 — Updated on 2020-06-13

Versions

How to Cite

Rahmania, S., Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2020). Desain Kegiatan Laboratorium: Pendekatan Diagram Vee pada Materi Struktur Darah: (Laboratory Activity Design: Diagram Vee Approach on Blood Structure Lesson). BIODIK, 7(2). https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12997 (Original work published June 13, 2021)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>