This is an outdated version published on 2021-06-03. Read the most recent version.

Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Indera Pengecap melalui Model ANCOR

(Reconstruction of Tastebuds Practical Laboratory Design through ANCOR Model)

Authors

  • Dewi Utami Tuzzahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13005

Abstract

Currently the world is entering the era of the 5.0 industrial revolution, people are required to have various 21st century skills in order to compete in this new era. This is a challenge for Indonesia to develop its education. Practicum is one of the solutions for develop 21st century skills. But turns out that it still has weakness caused by inappropriate practical laboratory worksheet. This study aims to analyze and to reconstruct the practical laboratory worksheet of the tastebuds. The research method used is descriptive qualitative research with the ANCOR model. The sampling technique used was purposive sampling, the sample consisted of 10 practical laboratory worksheet of taste buds from the 2006 KTSP curriculum to the 2013 revised curriculum. The instruments include conceptual, practical, and the construction of knowledge aspect adapted from the Vee diagram. The findings show that the practical laboratory worksheet of the taste buds still has problems from various aspects. Practical laboratory worksheet of tastebuds reconstruction is needed so that students are able to construct their knowledge properly through practicum activities carried out and develop 21st century skills.

Abstrak. Saat ini dunia memasuki era revolusi industri 5.0 sehingga masyarakat dituntut untuk memiliki keterampilan abad 21 agar mampu bersaing di era baru ini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi indonesia dalam mengembangkan pendidikan. Praktikum merupakan salah satu solusi untuk membentuk keterampilan-keterampilan abad 21 ternyata masih memiliki kekurangan karena DKL yang tidak sesuai. Tujuan penelitian adalah menganalisis dan rekonstruksi DKL materi indera pengecap. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model ANCOR (Analisis, Uji Coba dan Rekosntruksi). Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, sampel terdiri dari 10 DKL indera pengecap dari kurikulum KTSP 2006 hingga kurikulum 2013 revisi. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen aspek konseptual, praktikal, dan konstruksi pengetahuan yang diadaptasi dari Diagram Vee. Hasil temuan menunjukkan DKL indera pengecap masih memiliki masalah dari berbagai aspek sehingga diperlukan rekonstruksi DKL indera pengecap agar siswa mampu mengkonstruksi pengetahuannya dengan baik melalui kegatan praktikum yang dilakukan dan mengembangkan keterampilan abad 21. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arjunaita. (2020). Pendidikan di era revolusi indiustri 5.0. In Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana universitas PGRI palembang (Vol. 2, pp. 179–196).

Azmi, N., Prastowo, P., & Maslena, M. (2018). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Siswa (Lkpd) Biologi Kelas X Yang Digunakan Man Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 65–70. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10140

Bertin, J. (1983). Semiology of Graphic. Wincounsin: University of Wincounsin Press.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Siswa di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Creswell, J. W. (2016). Research Design (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2014). Analysis of Constrains Biological Practicum Implementation in Senior High School as City as Palangka Raya. Edusains, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.23971/eds.v2i1.16

Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326

Hamidah, A., Sari, E. N., & Budianingsih, R. S. (2014). Persepsi Siswa tentang Kegiatan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 49–59.

Huda, I. Z. N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Menggunakan Metode Ancor pada Praktikum Plasmolisis pada Sel Tumbuhan. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 550–561. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Illahi, N. R., & Hariani, D. (2021). Validitas LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Submateri Sistem Indera Kelas XI SMA. BioEdu, 10(1), 102–112. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. In Prosiding Seminar Nasional Biologi di Era Pandemi Covid-19 (pp. 58–66). Gowa. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/

Juhanda, A., Rustaman, N. Y., Hidayat, T., & Wulan, A. R. (2021). Perspektif Penalaran Operasi Formal-Post Formal Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Pembelajaran Praktikum. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7958

Kemendikbud. (2018). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. Jakarta.

Ladisa, S., & Rahmat, A. (2020). Correlation Of Undergraduate Students Visual Representation and Verbal Representation In Plant Morphology Practicum. Simbiosa, 9(1), 60–67. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v9i1.2430

Miles, M. ., & Huberman, A. . (1984). Analisis Data Kualitatif. (T. R. Rohidi, Ed.). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nadia, Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Biodik, 6(2), 82–94. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9439

Nastiti, F. E., & ’Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Novak, J. D., & Gowin, D. B. (1984). Learning How to Learn. Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). New York: Cambridge University Press.

OECD. (2019). PISA 2018 Result. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA-results_ENGLISH.png

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat Tinggal Revolusi Industri 4.0, Selamat Datang Revolusi Industri 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (pp. 122–130). Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3794/3565

Rahman, T., Rustaman, N. Y., Sukmadinata, N. S., & Poedjiadi, A. (2004). Profil Kemampuan Generik Awal Calon Guru dalam Membuat Perencanaan Percobaan pada Praktikum Fisiologi Tumbuhan. Educare, 2(2), 95–111.

Ramadhan, R., & Daningsih, E. (2019). Respon Siswa Dan Evaluasi Pembelajaran Pada Praktikum Submateri Peran Tumbuhan Di Bidang Ekonomi. In Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi (SNPMT II) (pp. 360–371). Retrieved from http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/snpmt2/article/view/1551

Ramadhayanti, Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Siswa Indra Pengecap Berbasis Diagram Vee. Biodik, 6(2), 200–213. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9441

Rima, Munandar, A., & Anggraeni, S. (2020). Pengembangan kegiatan praktikum pemodelan efek rumah kaca untuk siswa SMA pada materi perubahan lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 34–38. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23308

Sa’diyah, L., Tjandrakirana, & Budijastuti, W. (2014). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Inquiry Pada Materi Sistem Indera Manusia di SMA. BioEdu, 3(2), 362–367. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/7995

Setiawan, A. R. (2019). Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 42. https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i2.19250

Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). Analisis Sarana Dan Prasarana Laboratorium Biologi Dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi Dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas Xi. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 109–115. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10148

Sriyati, S., Permana, A., Arini, A., & Purnamasari, M. (2016). Efektivitas peer assessment dalam menilai kemampuan kinerja siswa pada kegiatan praktikum biologi. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1), 372–376. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5752

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A. N., & Widiyarto, S. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA) (pp. 1–6).

Supriatno, B. (2018). Praktikum untuk Membangun Kompetensi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 1–18. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/27558/19050

Suprihatin, I., Maknun, D., & Lesmanawati, I. R. (2013). Profil Kemampuan Generik Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis PRaktikum pada Subpokok Bahasan Sistem Indera Kelas XI di MAN Karangampel. Jurnal Scientiae Educatia, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i2.523

Suryaningsih, Y., Gaffar, A. A., & Sugandi, M. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(1), 74–82. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2243

Susanto, F. N., Anggraeni, S., & Supriatno, B. (2020). Analisis dan Rekontruksi Komponen Lembar Kerja Siswa Pada Praktikum Tulang. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 372–383.

Vikram, M., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2020). Analisis Komponen Penyusun Lembar Kerja Siswa Uji Golongan Darah Sistem ABO. Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 562–569. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Wahidah, N. S., Supriatno, B., & Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. Assimilation : Indonesian Journal of Biology Education, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i2.13050

Wulansari, S. R., Widodo, A., & Fitriani, A. (2012). Penggunaan Laboratorium Nyata, Virtual, dan Kombinasi Nyata-Virtual pada Kegiatan Praktikum Kultur Jaringan untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Pendidikan IPA Biologi Konsentrasi Biologi Sekolah Lanjutan. Bandung.

Yulirisnawati, I., Kuswanti, N., & Indana, S. (2016). Validitas dan Keterlaksanaan LKS Guided Discovery untuk Menunjang Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Materi Sistem Indera. BioEdu, 5(1), 55–61. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Published

2021-06-03

Versions

How to Cite

Tuzzahra, D. U., Bambang Supriatno, & Sri Anggraeni. (2021). Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Indera Pengecap melalui Model ANCOR: (Reconstruction of Tastebuds Practical Laboratory Design through ANCOR Model). BIODIK, 7(2). https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13005

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>