Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Karakteristik Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6752Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sains di kelas V SD Negeri 187/I Teratai, serta untuk mengetahui peningkatan Karakteristik saintifik siswa kelas V SD Negeri 187/I Teratai. Jenis penelitian yaitu peneltitan tindakan kelas. Teknik pengumpulan data observasi. Siklus pertama dengan menggunakan model problem based learning rata-rata hanya mencapai 29% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan hanya mencapai 30% dengan hasil tersebut masih dinyatakan rendah. Pada siklus II dengan menggunakan model problem based learning rata-rata mencapai 57% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan mencapai 50% dengan hasil ini peningkatan pada siklus II sudah nampak perubahan dari hasil siklus I. Pada siklus III dengan menggunakan model problem based learning rata-rata telah mencapai 94% dan untuk karakteristik saintifik yang dilakukan telah mencapai 92%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan karakteristik saintifik kelas V SD Negeri 187/I Teratai telah berhasil.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2018-12-26 (1)
- 2018-12-26 (1)